XL Ingin Maksimalkan Potensi Pengembang Games Lokal

Nur Hamzah

Jakarta – Operator telekomunikasi XL melihat peluang yang sangat besar pada bisnis layanan games. Untuk itu ke depannya XL akan banyak merangkul pengembang games lokal untuk membantu memaksimalkan potensi industri kreatif di tanah air.

Pengembang games asal Indonesia memiliki potensi yang tidak kalah dibandingkan pengembang asing. Dan kami melihat peluang yang sangat besar pada bisnis layanan games di Indonesia, ujar GM Content and Applications XL, Revie Sylviana saat acara peluncuran layanan Kota Games™ di Jakarta, Senin (12/3).

Fakta itulah, kata Revie, yang mendorong XL untuk tidak ragu merangkul dan membantu memaksimalkan potensi para developer game lokal. Kami prediksi industri kreatif akan kembali meningkat di tahun depan, sebutnya.

Diungkapkannya, saat ini sudag ada lima pengembang games lokal yang bekerjasama dengan XL, dan ke depan akan terus bertambah. Kami melihat besarnya potensi para pengembang lokal, dimana banyak yang prestasinya cukup dikenal di luar negeri, tutur Revie.

Sementara itu, Direktur Teknologi, Content, & New Business XL, Dian Siswarini menambahkan, setidaknya di Indonesia terdapat sekitar 40 juta pengguna Facebook, 20 juta FB gamers, belum lagi mobile game dan online game.

XL membuka diri untuk bekerjasama dengan sebanyak mungkin pengembang games lokal yang potensial, dan akan membantu mereka me-monetize karya mereka dengan memanfaatkan jaringan XL, ucap Dian.

XL, tambahnya lagi, juga akan menjembatani transaksi antara publisher/CP dengan pengguna games/on line games. Salah satu cara XL membantu para pengembang games lokal adalah dengan meluncurkan layanan KotaGames™.

Saat ini, partner layanan Games yang bekerjasama dengan XL, antara lain 3 top game publisher yaitu EA, Gameloft, dan Squarenix. Sementara itu, partner lokal, antara lain Toge Production, Agathe, Gamemachi, dan Credoland.

Ada ratusan games yang merupakan produk/karya pada pengembang lokal tersebut yang tidak lama lagi akan bisa didapatkan pelanggan XL melalui layanan KotaGames. Seperti misalnya Toge Production memiliki Necronator 2, Planetaryconflict, NFECTONATOR, Agathe (Football Saga, dan Nyanyi Yuk), Gamemachi (WAP game GameMachi), dan Credoland (Credoland). [hbs]

 

 

Leave a Comment