XL dan JTC Bangun Sistem Manajemen Informasi Bencana

Jakarta – Tergerak untuk membantu mengurangi dampak bencana letusan Gunung Merapi di masa mendatang, operator XL Axiata menjalin kerjasama dengan Lembaga Partisipasi Masyarakat untuk Pengelolaan Informasi Kebencanaan dan Kesejahteraan Umum Jogja Tanggap Cepat (JTC), untuk membantu memberikan sarana sistem manajemen informasi bencana.

Kerjasama XL-JTC ini menandai dukungan XL bagi upaya masyarakat Yogyakarta untuk memiliki sistem manajemen informasi bencana agar bisa mengurangi dampak bencana Merapi di masa mendatang, kata Corporate Communication XL, Turina Farouk dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (11/11).

Diungkapkan Turina, XL berharap kerjasama ini akan bermanfaat bagi masyarakat korban merapi dan tidak menutup kemungkinan diterapkan di daerah lain.

Sementara itu, Ketua JTC, Indro Suseno mengatakan, dampak bencana Merapi yang luar biasa besar seharusnya bisa di minimalisir jika kita memiliki sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang memadai, salah satunya sistem manajemen informasi.

Sarana inilah yang akan JTC bangun bekerjasama dengan XL. Kami berharap, semua pihak bisa belajar dari pengalaman selama ini dalam menghadapi letusan Merapi, ucap Indra.

Menurutnya, sistem informasi memegang peranan penting, baik dalam mengupayakan evakuasi, penggalangan bantuan, bahkan juga penyebaran informasi ke publik serta proses pemulihan kondisi.

Sistem yang akan dibangun ini interaktif dan bisa digunakan oleh semua pihak terkait dengan penanggulangan bencana terutama regulator, LSM, relawan, aparat keamanan, bahkan masyarakat luas. [hbs]{jcomments on}

Previous articleNokia Mulai Benar-benar Tinggalkan Ovi
Next articleZTE Vendor LTE Terbaik di 2011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here