XL dan Indosat Sepakat Berbagi Jaringan 4G

Telset.id – Di beberapa negara maju, berbagi jaringan atau network sharing bukanlah hal tabu untuk dilakukan oleh operator seluler, agar bisa menjangkau jaringan yang lebih luas. Model kerjasama ini akhirnya mulai diterapkan dua operator Indonesia, yakni Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

Kesepakatan proyek network sharing pertama di Indonesia antara Indosat dan XL diumumkan secara resmi pada hari ini, Rabu (20/1/2016). Kedua operator akan berbagi jaringan 4G LTE melalui teknologi MORAN (Multi Operator Radio Access Network).

Kedua operator akan menggunakan jaringan LTE yang sama di beberapa kota seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. Selanjutnya, kedua operator berencana akan memperluas kerjasamanya di beberapa kota lain, guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia.

Kerjasama jaringan atau lebih dikenal dengan istilah network sharing sudah diimplementasikan di beberapa negara maju yang memungkinkan para operator untuk memberikan jangkauan jaringan lebih luas.

“Kami senang dapat bekerjasama dengan XL Axiata. Kerjasama ini memperluas jaringan 4G LTE untuk pelanggan kita dan mendukung program Pemerintah membangun ekonomi digital Indonesia,” kata Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo.

Menurut Alex, melalui inisiatif ini kedua operator juga mendukung usaha pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing, serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien, mengurangi impor komponen dan fokus pada investasi dalam negeri.

Sementara itu, President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menambahkan, bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen XL untuk  mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang merata di Indonesia.

Ia menyebutkan, kerjasama ini sekaligus menjadi upaya untuk mendorong daya saing perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama, dan juga membawa keuntungan bagi pelanggan.

“Pada akhirnya kerjasama network sharing ini akan semakin mempercepat bergulirnya ekonomi digital di Indonesia,” ucap Dian dalam keterangan pers yang diterima Telset, Rabu (20/1/2016).

Untuk tahap awal, kedua operator memulainya dengan kerjasama jaringan 4G LTE melalui MORAN di beberapa kota, dan kedepannya akan diperluas lagi dengan bentuk kerjasama lainnya yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Alexander mengungkapkan bahwa rencana network sharing ini sudah dibicarakan sejak dua tahun terakhir. Dia berharap kolaborasi ini akan dapat memberikan layanan yang lebih baik dengan memberikan jangkauan jaringan yang lebih luas.

“Kami sudah melihat respons yang baik dari penggunaan layanan LTE. Dan melalui kerjasama ini, kita akan lebih mempercepat pergelaran LTE di seluruh Indonesia, memungkinkan negeri ini sebagai negara dengan pertumbuhan penggunaan 4G tercepat”, ujarnya.

Pada tahap awal, network sharing yang dilakukan baru terbatas pada radio access network. Indosat Ooredoo dan XL Axiata berkomitmen melanjutkan kerjasama ini dengan dukungan pemerintah, dengan harapan kerjasama dapat diperluas menjadi core network sharing.

“Ini akan lebih meningkatkan penghematan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat melayani pelanggan pengguna LTE lebih banyak. Tentunya dengan kecepatan data yang tinggi dan pengalaman penggunaan layanan yang lebih baik,” pungkasnya.[HBS]

Artikel XL dan Indosat Sepakat Berbagi Jaringan 4G dikutip dari Telset.

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI