telset

XL Bangun ‘Rumah’ untuk Pengguna Android

Jakarta – Melihat pesatnya pertumbuhan perangkat dengan sistem operasi Android di Indonesia, operator telekomunikasi XL Axiata hari ini meluncurkan program terbarunya, ‘XL Rumahnya Android’.

Untuk mendukung program barunya ini, XL secara eksklusif menggandeng Google sebagai pemilik dari sistem operasi Android, dan juga beberapa vendor ponsel berbasis Android, serta komunitas id-Android

Joy Wahyudi, Direktur Marketing XL menuturkan bahwa program ekosistem ini juga beriringan dengan pembangunan jaringan HotRod 3G+ XL yang sudah tersebar hingga 30 kota besar di Indonesia.

“Saat ini ada sekitar 6 jutaan atau 15% dari total 42,3 juta pelanggan XL sudah menggunakan smartphone, sisanya masih menggunakan feature phone,” jelas Joy di sela acara peluncuran ‘XL Rumahnya Android’ di FX Plaza, Jakarta, Selasa (20/11).

Ia mengakui, pengguna smartphone yang memakai layanan data XL masih didominasi BlackBerry, namun jumlah pengguna Android terus meningkat. “Pertumbuhan Android akan lebih bagus karena digunakan banyak perangkat,” tuturnya.

Menurut Tommy Wattimena, SVP Marketing Brand and Communication XL, untuk komposisi pengguna Smartphone, sampai saat ini, BlackBerry masih mendominasi dengan raihan angka 2,8 juta pengguna. Kemudian diikuti oleh Symbian dengan kisaran angka 2 jutaan pengguna.

Sementara untuk Android baru 800 ribu pengguna, iOS 100 ribu pengguna, dan Windows Phone 100 ribu pengguna. Namun meskipun jumlah pengguna BlackBerry lebih banyak, tapi untuk konsumsi data masih lebih massif Android.

“Pengguna BlackBerry terbesar, tapi pengguna data terbesar adalah Android. Dan itulah kenapa kita sekarang menggarap Android. Lagi pula market behavior antara BlackBerry dan Android itu berbeda,” tegas Tommy.

Namun diakuinya untuk membangun ekosistem ini bukan perkara mudah, karena mereka butuh satu tahun lebih untuk menyiapkan ekosistem Rumahnya Android XL. “Tidak mudah membangun rumah Android ini. Karena Android tidak maksimal kalau di 2G, harus di jaringan 3G,” jelasnya memberi alasan.

Makanya agar semuanya bisa berjalan lancar, lanjut Tommy, XL harus lebih dulu membangun HotRod 3G+ di 15 kota besar di Indonesia. “Kami ingin pelanggan benar-benar bisa merasakan experience terbaik dengan Android,” klaimya.

Ia juga mengatakan forum id-Android sendiri diperlukan untuk wadah bagi mereka yang ingin membangun aplikasi Android. “Karena XL nantinya akan melakukan roadshow ke beberapa daerah,” ujarnya.

Sebagai bukti keseriusan untuk menggarap pangsa pasar Android, XL juga meluncurkan starter pack “XmartPlan Android” yang dikhususkan untuk perangkat Android. Dengan kartu ini, selain memberikan manfaat berupa data 3GB selama 2 bulan, ditambah gratis 200 menit telepon, dan gratis 200 SMS.[tsn/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0