XL Ancam Posisi Telkomsel Jadi Mitra Resmi Apple

JAKARTA – Operator seluler XL Axiata mengklaim sepanjang tahun 2010 lalu telah berhasil menjual sekitar 10 ribu micro SIM, yang sebagian besar penggunanya adalah para pemegang iPad dan iPhone. Melihat tingginya jumlah tesebut, XL siap mengancam posisi Telkomsel sebagai mitra resmi Apple di Indonesia.

Sebagian besar yang terdaftar di jaringan XL memang berasal dari para pengguna iPad dan iPhone 4. Dan menurut catatan kami, ada sekitar 30 ribu pengguna iPhone yang menggunakan jaringan XL. Jadi kalau ditotal, ada kurang lebih 38 ribu pengguna XL yang memakai iPhone saat ini, ujar GM Device Management XL  Agung Widjanarko di sela acara peluncuran layanan XL Baca di Jakarta, Selasa (8/3).

XL, kata Agung lagi, merasa siap jika memang Apple kedepannya akan bermitra dengan XL sebagai distributor resminya di Indonesia. Kalau kita sih siap, sekarang tergantung Apple-nya, apakah mereka siap menyediakan kedua produk itu (iPhone dan iPad, red), tukasnya.

Menurut Agung, dengan berpegang pada data yang dimiliki XL saat ini, seharusnya wajar saja jika Apple tertarik menggandeng XL sebagai distributor resminya di Indonesia. Peminat iPad dan iPhone 4 di Indonesia cukup besar, jadi tidak ada salahnya jika XL juga bisa bermitra dengan mereka, ucap dia.

Namun Agung menolak saat didesak memberikan pernyataan soal kepastian XL akan menjadi distributor resmi Apple di Indonesia. Saat ini kita belum bisa memberikan jawaban. Jadi kita tunggu saja pengumuman resminya, pungkas Agung.

Sementara itu, Gideon Eddy Purnomo, VP Channel Management Telkomsel saat diminta pendapatnya soal kemungkinan XL menjadi mitra bisnis Apple di Indonesia mengatakan, tidak jadi masalah dan tidak ada yang aneh kalau memang XL akan menjadi distributor resmi produk besutan Steve Jobs itu.

Soal penunjukan siapa yang akan menjadi distributor resmi Apple di sini, itu sepenuhnya merupakan hak mereka (Apple, red), kata Gideon. Jadi, lanjutnya, Telkomsel tidak ada masalah dengan kemungkinan itu, Atas dasar apapun, semua keputusan ada ditangan Apple, tukasnya.

Dijelaskan Gideon, sebenarnya selama ini yang dimaksud kerjasama eksklusif itu berdasarkan keputusan Apple sendiri yang menunjuk Telkomsel sebagai mitra penjualannya di Indonesia. Namun didalam perjanjian kerjasama itu memang tidak ada menyebutkan hanya Telkomsel yang akan ditunjuk sebagai mitra mereka di Indonesia. Jadi memang mereka kapan saja bisa menunjuk mitra lain selain Telkomsel, terang dia.

Selama ini, menurut Gideon, banyak yang salah mengartikan kerjasama eksklusif antara Telkomsel dan Apple itu berarti tidak boleh ada mitra lain selain Telkomsel. Jadi kalau nanti XL ditunjuk sebagai mitra Apple di Indonesia, jangan terus menduga-duga berarti ada masalah dengan Telkomsel, tegas Gideon.

Seperti diketahui, sejak pertama kali diluncurkannya iPad dan iPhone, Telkomsel merupakan satu-satunya operator yang ditunjuk Apple sebagai mitra penjualan resminya di Indonesia. Dan menurut data yang diterima, hingga Januari 2011 tercatat ada 100 ribu pengguna iPhone yang menggunakan jaringan Telkomsel. [hbs]

{jcomments on}

Berita sebelumyaTelkomsel dan Polres Depok Buka Layanan SMS Pengaduan
Berita berikutnyaIts all About Android Vs iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here