Xiaomi Pastikan Mi4 Bebas Malware

Xiaomi Mi4 userJAKARTA – Setelah sempat dihebohkan oleh isu seputar malware yang tertanam di badan salah satu perangkat andalannya, Xiaomi hari ini akhirnya berhasil membuktikan bahwa perangkat yang sebelumnya diuji oleh perusahaan keamanan data Bluebox, Xiaomi Mi4 dipastikan bebas malware. Dan itu turut diperkuat oleh kesimpulan yang dicapai Bluebox, bahwa Xiaomi Mi4 yang mereka uji memang bukan perangkat asli Xiaomi.

Xiaomi telah memeriksa perangkat tersebut secara rinci – terkait dugaan ada malware tertanam di Xiaomi Mi4, sebelum akhirnya menyimpulkan bahwa perangkat yang dimaksud bukanlah perangkat asli. Hal itu tidak hanya dibuktikan dari hardware perangkat yang benar-benar berbeda dari yang seharusnya, nomor IMEI juga merupakan kloning-an, dan perangkat lunak yang diinstal juga bukan buatan resmi MIUI.

Dilansir telsetNews dari Androidheadlines, Selasa (10.3.2015), pihak Xiaomi mengklaim bahwa perangkat yang diuji merupakan produk palsu yang dibeli di jalanan di China melalui saluran resmi.

Perusahaan mengatakan bahwa perusahaan pihak ketiga/pengembang cenderung tidak suka dengan software yang sejak awal telah terinstal pada perangkat di China, dan bahwa ada banyak sekali produk palsu yang dijual di China yang hampir tidak bisa dibedakan dari aslinya.

Singkat kata, Xiaomi mencoba meyakinkan kita, bahwa Mi4 bebas malware, dan bahwa perusahaan mengambil langkah untuk menindak produsen yang menjual perangkat palsu dan orang-orang yang mengutak-atik produk mereka. Tentu saja, dalam hal ini Xiaomi juga merekomendasikan para pengguna untuk membeli perangkatnya melalui saluran resmi, entah itu melalui webshop resmi mereka, Mi.com ataupun sejumlah mitra seperti operator seluler dan beberapa pengecer.

Lalu bagaimana dengan kabar bahwa MIUI sebenarnya bukanlah Android? Well, sekali lagi, produsen smartphone yang berbasis di China ini mengklaim bahwa MIUI adalah benar-benar Android, dan bahwa MIUI mengikuti persis Android CDD (definisi Google untuk perangkat Android). Mereka juga mengatakan bahwa MIUI melewati semua tahap dari tes CTS Android, yang mengkonfirmasi kompatibilitas Android secara lengkap, dan ini berlaku untuk setiap perangkat Xiaomi yang diluncurkan sejauh ini. [IF]

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI