Xiaomi, Huawei, dkk Bikin Ponsel Layar Lengkung

Telset.id, Jakarta – Dulu ponsel China identik dengan produk “murahan” dengan spesifikasi rendah. Namun dalam beberapa tahun terakhir stigma itu mulai bergeser, karena banyak vendor China yang merilis smartphone high-end dengan desain yang disukai konsumen, seperti model layar melengkung.

Pabrikan ponsel asal China kini tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Smartphone buatan China bahkan kini sudah mampu bersaing dengan merek-merek global yang selama ini menguasai pasar ponsel global.

Selain mampu menghadirkan spesifikasi high-end, para vendor asal Negeri Tirai Bambu kini juga semakin fokus meningkatkan kualitas desain, kamera yang mumpuni, dan jenis layar terkini yang disukai konsumen.

Bicara soal layar, kini tren yang lagi digemari adalah curved screen alias layar lengkung. Tren ini pun disadari oleh para produsen ponsel asal China, dan ikut berlomba-lomba menerapkan curved screen pada produk smartphone mereka.

Vivo XPlay 5 menjadi smartphone pertama buatan China yang menggunakan desain curved screen. Langkah Vivo ini nampaknya akan segera diikuti oleh para kompatriotnya. Laporan terbaru mengungkap Xiaomi, Huawei dan Meizu sedang memproduksi smartphone dengan desain curved screen alias layar lengkung.

Menurut analis Kevin Wang, direktur dari China Research di iSuppli, Huawei, Xiaomi, Meizu, Gionee, dan Oppo saat ini telah menyempurnakan rencana untuk meluncurkan smartphone dengan tampilan layar melengkung.

Kevin Wang di akun Weibo-nya juga memberikan analisanya tentang fitur layar lengkung  yang digunakan, termasuk biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan perangkat dengan layar lengkung yang tidak murah. Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, akan berimbas pada harga yang akan dipatok untuk sebuah smartphone akan menjadi lebih mahal.

Sementara itu, founder Xiaomi, Lei Jun dilaporkan telah mengunjungi Samsung di Korea Selatan untuk membicarakan mengenai dual camera, curved screen dan bahkan prosesor. Kabarnya, salah satu dari tiga varian Xiaomi Mi Note 2 yang akan dirilis sebelum akhir tahun ini diperkirakan akan mengadopsi layar melengkung.

Vendor lain yang kabarnya sedang menyiapkan smartphone flagship dengan Flyme 6.0 OS juga kemungkinan akan menggunakan layar melengkung. Begitupun Huawei juga dilaporkan sedang menyiapkan smartphone dengan layar lengkung buatan LG dan Samsung.

Tak mau kalah, Gionee dan Oppo juga akan menjual smartphone terbarunya yang menawarkan curved display dengan tampilan yang lebih baik. Ini artinya, tak lama lagi kita akan melihat banyak smartphone China yang diluncurkan dengan desain layar lengkung. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -