Xiaomi Berencana Tawarkan Saham ke Publik?

xiaomiJAKARTA – Xiaomi kini menjadi produk panas bagi semua pihak. Perusahaan asal Tiongkok ini mencatatkan pengapalan yang naik tiga kali lipat pada tahun lalu, dengan demikian perusahaan ini mencatatkan valuasi hingga US$46 miliar. Hal ini menimbulkan aneka rumor bahwa Xiaomi berencana untuk melakukan penawaran saham perdana atau IPO. Kemungkinan, Xiaomi akan mencatatkan penjualan sahamnya di Amerika Serikat (AS) atau di Hong Kong.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Sabtu (07/02/2015), sudah banyak investor yang mendekati Xiaomi untuk melakukan IPO. Dengan valuasi nilai perusahaan yang tinggi, para investor di Wall Street bahkan mengestimasi penjualan saham Xiaomi akan emmecahkan rekor IPO Alibaba. Saat ini Alibaba memegang rekor IPO tertinggi dengan penjualan hingga US$ 25 miliar di New York tahun lalu.

Xiaomi akan mengadakan konferensi pers besar pada Kamis mendatang di San Fransisco. Perusahaan juga bersiap untuk masuk ke pasar AS.

Pada saat yang sama, ada kemungkinan Xiaomi mengumumkan untuk melakukan IPO. Dengan menjadi perusahaan publik, akan meningkatkan brand awareness Xiaomi di AS, serta bisa membuat CEO Lei Jun menguangkan 70% sahamnya di perusahaan yang didirikan pada 2010 tersebut.

Sebelumnya, Lei Jun mengatakan bahwa Xiaomi akan siap IPO dalam lima tahun mendatang. Pada April tahun ini, tepat lima tahun setelah Lei Jun mengatakan pernyataannya tersebut. (AI/MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI