Wow, Smartwatch Audi Bisa Berbicara dengan Mobil

Smartwatch AudiJAKARTA – Dari ajang CES 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), pabrikan mobil Audi mengungkapkan sesuatu yang spektakuler dan belum dimiliki oleh pabrikan lain, yakni smartwatch pengontrol mobil pintar.

Seperti diketahui, Audi merupakan produsen mobil yang tertarik mengembangkan konsep mobil pintar, atau mobil-setir-sendiri (driverless car). Dan di ajang CES tahun ini, pabrikan mobil asal Jerman ini memamerkan wearable, yakni smartwatch pengontrol mobil pintar.

Sebagai produsen mobil, tidak ada yang menyangka Audi akan mengumumkan perangkat wearable di panggung CES 2015. Smartwatch ini akan terkoneksi dengan prototipe mobil pintar Audi A7.

Dalam presentasinya, seperti dikutip telsetNews dari Mashable, Rabu (7/1/2014), pihak Audi menyebutkan bahwa smartwatch ini memungkinkan pengemudi untuk berkomunikasi dengan mobil.

Salah satu fungsi dasar jam pintar ini adalah membuka kunci mobil. Tapi belum jelas apakah jam pintar ini juga berfungsi untuk mengontrol mesin mobil, kaca jendela, temperatur kabin dan sebagainya.

Jam tangan pintar Audi ini menggunakan NFC yang tetap bekerja walaupun baterai jam habis, sehingga pengguna masih bisa mengakses pintu mobil walau baterai jam pintarnya habis. Sayangnya, Audi tidak menerangkan lebih detail fungsi wearable yang disebut “mobile key” ini.

Dengan kehadiran smartwatch dari Audi ini, orang mulai berharap tak lama lagi aka nada teknologi jam tangan pintar di mobil yang bisa bercakap-cakap dengan pengendaranya. Bukan tidak mungkin mobil pintar “Kitt” seperti di film Knight Rider akan diwujudkan Audi beberapa tahun mendatang. [AI/HBS]

Prototipe mobil pintar Audi A7 yang terhubung dengan smartwatch
Prototipe mobil pintar Audi A7 yang terhubung dengan smartwatch

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here