Wow, Jaringan 5G Bisa 100x Lebih Cepat dari 4G LTE

Jaringan 5G
Jaringan 5G

Jakarta – Jika saat ini para operator seluler Indonesia “baru sibuk” trial jaringan 4G LTE pada ajang KTT APEC di Bali, maka di saat yang bersamaan di Jepang, operator NTT DoCoMo tengah memaparkan rencananya mengembangkan jaringan nirkabel generasi kelima (5G) di ajang CEATEC.

Dalam acara pameran teknologi terbesar di Jepang itu, NTT DoCoMo mengungkapkan bahwa untuk saat ini jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan dan memang belum diratifikasi. NTT DoCoMo menargetkan jaringan 5G bisa mulai diimplementasikan pada tahun 2020 mendatang.

Seperti dilansir Engadget, Rabu (2/10), operator telekomunikasi terbesar di Jepang tersebut mengklaim jaringan 5G bisa menghasilkan kapasitas 1.000 kali lebih besar dan dan 100 kali lebih cepat dibandingkan jaringan 4G LTE yang ada saat ini.

Sebagai gambaran, jaringan 4G LTE yang telah digelar 213 operator seluler di dunia itu bisa menembus kecepatan hingga 150Mbps. Maka bisa dibayangkan bagaimana cepatnya jaringan 5G jika 100x lebih cepat dari 4G LTE.

Menurut NTT DoCoMo, tantangan terbesar yang akan dihadapi para operator dalam pengembangan 5G adalah keterbatasan rentang spektrum frekuensi tinggi. Sebab untuk menggelar 5G dibutuhkan elemen antena yang jumlahnya cukup banyak.

Selain kelebihannya dalam hal kecepatan, keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan dari jaringan 5G adalah kemampuannya untuk melakukan transfer konten video sekelas 4K.

Indonesia sendiri saat ini baru coba mengimplementasikan jaringan 4G LTE. Sejumlah operator, seperti Telkomsel dan XL baru melakukan trial LTE. Indonesia memang bisa dibilang sedikit telat mengadopsi jaringan 4G LTE dibanding negara-negara lain.

Sebagai informasi, saat ini sudah 50 persen negara di dunia yang telah menggelar layanan LTE, dengan jumlah total operator sebanyak 213 operator di berbagai negara. Padahal pada tahun 2010, baru ada 17 operator yang menjajakan LTE. Semoga Indonesia bisa lebih cepat mengejar ketertinggalannya.[HBS]

Kecepatan jaringan 5G

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0