Lumia 950 & 950 XL Resmi Meluncur dengan Windows 10

microsoft

JAKARTA – Microsoft akhirnya mengumumkan flagship terbarunya dari keluarga Lumia dengan membawa sistem operasi Windows 10 mobile, Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Perangkat smartphone pertama yang berjalan dengan Windows 10 ini memiliki fitur kamera yang mumpuni, sehingga menjadikan keduanya sebagai pesaing kuat flagship buatan Apple dan Samsung.

Peluncuran ini juga menandai langkah terbaru CEO Microsoft, Satya Nadella setelah meluncurkan Windows 10 pada Juli, yang hingga saat ini diklaim telah digunakan 110 juta perangkat di seluruh dunia.

“Kami kini memulai babak baru Windows 10 dengan perangkat-perangkat baru yang dibuat untuk Windows 10. Yang paling penting adalah mobilitas pengalaman kami lebih hebat dibandingkan mobilitas dari perangkat khusus apa pun,” kata Nadella pada acara peluncuran di New York, seperti dikutip dari Cnet.

Lumia 950 hadir dengan bentang layar seluas 5,2 inci QHD dengan panel AMOLED ClearBlack dan feature Glance screen, yang memungkinkan pengguna tetap bisa melihat jam dan notifikasi meski layar dalam keadaan mati. Sedangkan Lumia 950 XL punya layar lebih lebar 5,7 inchi. Untuk spesifikasinya, kedua perangkat ini cukup identik.

Fitur andalan Lumia 950 tentunya dari sisi fotografi. Lumia 950 menggunakan sensor kamera PureView 20 megapiksel (1/2,4”) dengan OIS dan optik besutan Carl Zeiss (f/1.9).

Keunggulan kamera Lumia 950 karena kemampuannya merekam video berkualitas 4K dan audio yang sangat jernih, berkat teknologi Hi-Fi audio recording. Sementara kamera depan untuk selfie memiliki resolusi 5 megapiksel dan mampu merekam video FullHD 1080p.

Menilik bagian dalamnya, otak Lumia 950 menggunakan prosesor Snapdragon 808 hexacore dengan RAM 3GB. Kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk penggunaan Windows 10 mobile sehari-hari, kecuali saat bermain game dalam resolusi penuh QHD.

Seperti seri Google Nexus, Lumia 950 juga memiliki feature charging dengan slot USB Type-C dan masih ditambah dengan wireless charging. Untuk kapsitas baterainya, Lumia 950 dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Satu keunggulan feature USB Type-C ini adalah karena Anda bisa dengan mudah menghubungkan Lumia 950 ini dengan Display Dock dan kemudian dihubungkan lagi dengan HDMI, DisplayPort, dan tiga slot USB.

Microsoft rencananya akan merilis Lumia 950 pada bulan November mendatang di harga USD 550 atau sekitar Rp 7,4 juta, sedangkan Lumia 950 XL dibanderol USD 649 atau sekitar Rp 8,7 juta.[MS/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI