Windows 10 Diserang Hacker, Microsoft Rilis Update Patch Security

Hacker

Telset.id, Jakarta – Microsoft awal pekan ini merilis patch keamanan untuk memperbaiki total 49 bug termasuk lima isu keamanan yang kritis dalam berbagai produknya seperti Microsoft Edge, Internet Explorer, dan Office.

Perusahaan ini menyatakan bahwa versi sebelumnya dari software tersebut memiliki bug yang disebut zero-day yang berarti para hacker bisa mengeksploitasinya lewat bug tersebut. Namun sayangnya, Microsoft tidak mengungkapkan bug apa saja yang dieksploitasi oleh para hacker ini.

Namun kabarnya, diantara semua bug yang ada, bug pada Internet Explorer-lah yang sangat serius atau parah karena memungkinkan para hacker untuk mengambil kendali sistemdari korbannya. Tentu hal tersebut sangat berbahaya karena bisa saja para hacker dapat dengan mudah menginstall program berbahaya pada sistem korban, mengambil atau mengubah data, membuat akun administrator, dan lainnya.

Microsoft Edge juga termasuk yang parah karena terdapat bug zero-day yang diberi nama CVE-2016-7189 yang berasal dari skrip atau kode dari engine browser. Bug ini dapat memungkinkan hacker untuk mengeksekusi berbagai kode pada sistem korbannya. Kode tersebut dapat dieksekusi dengan baik jika korbannya percaya akan tipuan dari hacker tersebut untuk mengakses website yang biasanya dikirimkan lewat email atau apapun.

Update untuk meningkatkan keamanan ini akan hadir juga untuk Windows 7, Windows 8.1, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, dan Windows Server 2012-R2. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here