Wikileaks Masuk Nominasi Penerima Nobel Perdamaian

JAKARTA – Situs Wikileaks yang sempat menggegerkan dunia karena mempublikasi dokumen rahasia Amerika Serikat ternyata masuk sebagai salah satu nominator penerima penghargaan Nobel Perdamaian tahun 2011.

Kepastian ini didapat setelah Komite Nobel yang bermarkas di Norwegia mengumumkan 241 nominator penerima Nobel Perdamaian tahun 2011. Disebutkan juga jumlah nominator tahun 2011 ini merupakan yang terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ditahun 2010 lalu tercatat ada 237 nominator.

Seperti diketahui, Di tahun 2010 lalu keberadaan situs yang didirikan oleh seorang warga Australia, Julian Assange itu memantik kontroversi besar karena telah membocorkan berbagai data rahasia milik pemerintah Amerika Serikat (AS). Pemerintah AS sangat berang karenanya dan mencoba segala upaya membendung sepak terjang Wikileaks.

Meski mendapat banyak tekanan, tak sedikit yang mengapresiasi keberadaannya. Bahkan kini, WikiLeaks dinominasikan sebagai salah satu peraih Nobel Perdamian tahun 2011.

Sistem pemilihan nominator Nobel dilakukan oleh beberapa pihak yang berkompeten, termasuk diantaranya para anggota parlemen berbagai negara dan para pemenang Nobel sebelumnya. Di samping WikiLeaks, seperti dilansir Reuters dan dikutip Telsetnews, Rabu (2/3), internet juga mendapatkan nominasi dari Komite Nobel. Internet  dipandang memiliki andil terhadap perdamaian dunia.

Nobel yang diprakarsai oleh penemu asal Swedia, Alfred Nobel, merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi sejagat. Para pemenangnya bakal meraih hadiah sampai USD 1,58 juta.[ana/ hbs]

Previous articleWindows Intune Berbasis Cloud Kiat Berbisnis Aman
Next articlePengguna Skype Hampir Capai 30 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here