telset

WhatsApp Tersandung Masalah Pencurian Data Pengguna

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp

Jakarta – Aplikasi pesan instan, WhatsApp diterpa isu tak sedap terkait pelanggaran hak privasi pengguna. Applikasi yang semakin populer ini dituding mengirim semua daftar kontak pengguna ke sistem mereka guna mensinkronisakan data

Sebenarnya jika melihat sekilas tidak ada yang salah dengan cara yang dilakukan WhatsApp. Sebagai aplikasi yang dapat digunakan di semua perangkat ponsel, aplikasi ini memang hanya membutuhkan nomor telepon pengguna sebagai identitas utama.

Saat pertama kali diinstal, WhatsApp memang telah meminta izin untuk mengakses seluruh nomor kontak pengguna. Dari sinilah masalah itu dimulai, karena ternyata nomor telepon non pengguna WhatsApp pun ikut disimpan tanpa alasan yang jelas.

Hal inilah yang dianggap telah melanggar hak batas privasi pengguna oleh lembaga perlindungan data di Belanda dan Kanada. WhatsApp dinilai telah mengambil data milik penggunanya tanpa izin.

“Para pengguna tidak diberikan pilihan untuk memakai aplikasi tersebut tanpa harus memberikan semua akses ke seluruh daftar kontak,” kata Jacob Johnstamm, Chairman of the Dutch Data Protection Authority dalam pernyataannya yang dikutip telsetNews dari Cnet, Selasa (29/1).

Dikabarkan, saat ini pihak otoritas di Belanda telah melakukan langkah hukum untuk menyeret pembuat WhatsApp ke mihau hijau. Sementara dari pihak WhatsApp sendiri masih belum memberikan keterangan resminya terkait masalah ini. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0