telset

Waspada! Ini Modus dari Sindikat Pencuri Apple ID

Telset.id, Jakarta – Kabar terbaru menyebut, di Singapura terjadi penipuan dan pencurian Apple ID. Modusnya berupa penawaran pekerjaan sebagai penguji permainan atau game tester untuk perangkat iOS.

Pencuri akun Apple ID memanfaatkan media sosial, khususnya Facebook untuk mencari mangsa. Ia mengincar pengguna perangkat iOS yang hobi main game. Karenanya, sang pencuri menawarkan pekerjaan game tester di iOS.

Dilansir Straits Times, seperti dikutip Telset.id, Senin (22/07/2019), pengguna yang menjadi korban rela menyerahkan akun Apple ID beserta password-nya. Pelaku lantas masuk ke iCloud dan mengunci perangkat yang terhubung.

{Baca juga: Miliaran Perangkat Terancam Bug Bluetooth, Termasuk iPhone dkk}

Setelah mengunci perangkat menggunakan fitur iCloud Activation Lock, pelaku akan meminta tebusan kepada pemilik akun Apple ID. Kalau korban menyetor uang, akun Apple ID dikembalikan kepada korban.

Informasi menyebut, laporan mengenai kejadian tersebut sudah disampaikan ke pihak berwajib sejak dua minggu lalu. Namun, sampai kini belum ada kabar mengenai tindak lanjut penanganan oleh polisi.

{Baca juga: Ini Bocoran Terbaru iPhone 11 Max dengan 3 Kamera}

Pengguna perangkat iOS diimbau untuk tidak melakukan proses login ke Apple ID lewat situs yang direkomendasikan oleh orang asing. Apabila pengguna sudah terlanjur melaksanakan proses login, mereka bisa melakukan pemulihan akun Apple ID yang dicuri bisa meminta bantuan Apple Support.

Oktober 2018, Asosiasi Konsumen China mendesak Apple agar memberi kompensasi kepada para pengguna yang kehilangan uang gara-gara menjadi korban peretasan akun Apple ID melalui metode penipuan phising.

Sumber: Straits Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0