telset

Warga New York Andalkan SocMed Cari Info Badai Sandy

New York  – Badai berpasir telah memorak-porandakan kota New York dua hari lalu. Ini pula yang menyebabkan Google batal menyelenggarakan acara tandingan peluncuran Windows Phone 8. Akibat musibah ini, beberapa kota New York lumpuh akibat ketiadaan listrik.

Salah satu pemilik akun di Facebook menulis status bahwa ia sangat-sangat membutuhkan listrik untuk ponselnya untuk mencari informasi perkembangan topan Sandy.

Banyak orang yang tinggal di sekitar New York mengandalkan informasi dari media sosial dengan bahasa yang singkat dan padat. Bahkan situasi kota New York tergambar lewat postingan foto di Instagram.

“Setidaknya, ada 10 gambar per detik yang terposting dengan hastag #sandy,” jelas Chief Eksekutif Instagram, Kevin Systrom di wallstreetjournal yang telsetNews kutip, Rabu (31/10).

Kata ‘sandy’ disebutkan lebih dari 4,8 juta kali di berbagai media sosial. Namun, tidak semua kabar tersebut dibenarkan. Menurut pembawa acara ramalan cuaca CNN, Chad Myers, pernah melakukan kesalahan dalam hal pemberitaan mengenai topan Sandy dan segera mengoreksinya secara on-air sebelum membuat resah masyarakat.

Kabar ini mengindikasikan bahwa media sosial mampu mendistribusikan informasi lebih cepat dibandingkan portal berita, radio, maupun televisi. Di saat terjadi musibah dimana orang membutuhkan pertukaran informasi dalam waktu singkat, media sosial menjadi pilihan media yang paling banyak diandalkan, seperti saat musibah Topan Sandy di New York ini.[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0