Warga Italia Wajib Pasang Alarm Biar Tak Lupa Anak

Alarm anak

Telset.id, Jakarta Italia mewajibkan seluruh orang tua yang mempunyai anak kecil untuk melengkapi kursi mobil dengan alarm. Dengan demikian, mereka tak akan lupa kalau ada sang buah hati yang duduk di kursi penumpang ketika berkendara.

Menurut New York Post, keputusan tersebut muncul dari Menteri Transportasi Italia. Aturan ini mulai berlaku pada Kamis (7/11) waktu setempat.

Kebijakan diberlakukan untuk mencegah kematian, seperti yang terjadi di Sisilia dua bulan lalu. Dikutip Telset.id, Jumat (8/11/2019), dua bulan lalu seorang balita di Sisilia meninggal dunia di dalam mobil.

{Baca juga: Kreatif! Remaja Ini Atasi Blindspot di Mobil Pakai Proyektor}

Sang ayah lupa mengantarnya ke tempat penitipan. Balita malang itu tertinggal selama sekitar lima jam di dalam mobil, dan meregang nyawa karena kepanasan.

Pemerintah Italia menyesalkan kejadian tersebut. Mereka segera mengambil tindakan, termasuk membuat kebijakan tegas bagi para orang tua untuk memasang alarm di kursi mobil.

Alarm yang terpasang di kursi mobil harus bisa memancarkan sinyal audio dan visual yang dapat dirasakan baik di dalam maupun di luar kendaraan. Alarm akan langsung bereaksi ketika tahu ada anak tertinggal di kursi penumpang.

{Baca juga: Survei: Orangtua Lebih Peduli Smartphone Ketimbang Anak}

Persyaratan itu berlaku untuk kursi mobil bagi anak di bawah usia empat tahun. Kalau ada yang tidak mematuhi aturan, pelanggar berisiko mendapatkan denda hingga USD 360 atau Rp 5 jutaan dan kehilangan poin kepemilikan SIM.

Banyak pihak mengapresiasi kebijakan inovatif dari pemerintah Italia tersebut. Negara lain digadang bisa menerapkan aturan serupa demi melindungi nyawa balita. Pertanyaannya, apakah Indonesia perlu meniru regulasi serupa? (SN/FHP)

Sumber: New York Post

Previous articleBanjir Keluhan, Apple Akhirnya Rilis Update iOS 13.2.2
Next articleIlmuwan Pastikan Manusia Bisa Bertemu Alien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here