Wanita ‘Misterius’ Dibalik Kasus Ngemplang Pajak Apple

Kantor Apple Operations International (AIO) di Cork, Irlandia
Kantor Apple Operations International (AOI) di Cork, Irlandia

Jakarta – Apple dikenal sebagai perusahaan yang memiliki orang-orang genius sehingga banyak menciptakan berbagai inovasi dibidang teknologi. Namun ternyata perusahaan paling berharga di dunia itu juga pintar ‘ngemplang’ pajak.

Adalah Cathy Kearney, seorang akuntan yang tinggal di sebuah rumah sederhana di Cork, Irlandia menjadi tokoh sentral di balik kesuksesan global Apple selama beberapa tahun terakhir.

Selama 15 tahun terakhir Kearney tinggal di sebuah peternakan pengolahan susu sapi di luar kawasan Youghal. Di wilayah yang jauh dari hingar-bingar kota itulah wanita ini membantu Apple meraih kesuksesan yang luar biasa.

Kearney adalah pimpinan dari sebuah anak perusahaan Apple di Irlandia. Dan berkat kepemimpinannya itu, dia telah melancarkan penjualan iPad, iPhone ataupun MacBook di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Diperkirakan tidak kurang dari USD 22 miliar dari keuntungan Apple, atau sekitar 2/3 dari keseluruhan laba yang diraup Apple, berasal dari anak perusahaan Apple di Cork, Irlandia ini.

Prestasi tersebut membuat Kearney masuk dalan jajaran 20 wanita paling berpengaruh di Irlandia. Namun uniknya, Kearney merupakan orang yang tertutup dan sangat mengutamakan privasi. Bahkan biografi detail ataupun foto dirinya tidak pernah dipublikasikan.

Juru bicara Apple berdalih bahwa perusahaannya lebih mementingkan produk mereka daripada para individual, seperti halnya Apple selama ini lebih mengutamakan kerja tim daripada perseorangan.

Seperti dilansir The Guardian dan dikutip telsetNews, Kamis (30/5), sosok Kearney akhirnya muncul di sebuah wawancara sebulan lalu, yaitu di sebuah pertemuan pribadi dengan para senator AS sehubungan dengan praktek pajak Apple.

Dari situlah terungkap bahwa perusahaan yang dipimpin Kearney yaitu Apple Operations International (AOI), diduga kuat merupakan basis utama dari praktek perpindahan laba Apple ke berbagai negara untuk menghindari tanggungan pajak.

Kearney merupakan satu-satunya anggota dewan direksi AOI di Irlandia. Anehnya, Kearney hanya menghadiri rapat sebanyak 7 kali dari total 33 rapat selama 7 tahun terakhir.

Menariknya, rapat yang dihadirinya secara langsung cuma sekali, sedangkan 6 sisanya via telepon. Hampir seluruh rapat dilaksanakan di California, dimana mayoritas anggota dewan direksi AOI berada.

Keanehan belum berhenti sampai di situ, dalam 4 tahun, hampir USD30 miliar keuntungan Apple digelontorkan ke AOI, walaupun perusahaan tersebut tidak memiliki kantor maupun pegawai di Cork, atau di belahan bumi lain.

Hal ini membuat salah seorang anggota senat AS sambil bergurau menjuluki AOI sebagai iCompanies, dimana ‘i’ merupakan singkat imaginary atau invisible (imajiner atau tak terlihat).

Kehadiran Kearney di AOI memenuhi salah satu persyaratan penting dari sah atau tidaknya sebuah perusahaan yang didirikan di Irlandia, dan salah satu dari anak perusahaan tersebut memang mempekerjakan staff di Cork. Yang mengejutkan, 3 dari anak perusahaan tersebut (termasuk AOI), sama sekali tidak terdaftar sebagai wajib pajak di negara manapun.

Dengan celah inilah dewan perusahaan bisa beralasan pada direktorat pajak Irlandia bahwa Kearney tidak bisa dianggap sebagai pihak yang mengatur perusahaan tersebut, karena segala keputusan penting dalam rapat dewan direksi harus diputuskan di California.

Di sinilah kecerdikan (atau bisa juga keculasan) Apple terlihat. Karena dengan menggunakan alibi itu, AOI dan sejumlah anak perusahaan Apple lainnya tidak bisa dikenakan wajib pajak di Irlandia. Tak hanya itu, karena perusahaan-perusahaan tersebut beralamat di Irlandia, maka mereka juga bukan merupakan wajib pajak di AS.

Pihak Apple hingga kini menolak wawancara apapun terkait Cathy Kearney. Sedangkan Kearney sendiri saat ini masih menjabat sebagai seorang akuntan terkemuka di Cork, dimana kantornya mempekerjakan 4000 orang staff. Well, bahaya juga ya kalau modus seperti ini diikuti pengusaha di Indonesua.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0