telset

Wah, Nokia Jadi ‘Sekutu’ Apple Serang Samsung

Ilustrasi Nokia vs Samsung
Ilustrasi Nokia vs Samsung

Jakarta – Belum selesai permasalah dengan Apple terkait sengketa paten, kini Samsung harus berhadapan dengan Nokia untuk persoalan yang sama.

Walaupun tidak terkait ‘perang’ secara langsung dengan Samsung, namun Nokia memutuskan untuk berdiri dibelakang Apple untuk menyerang raksasa elektronik asal Korea Selatan itu.

Dukungan dari Nokia ini ditunjukan dengan melayangkan surat ke Pengadilan Banding tingkat federal Amerika Serikat (AS), untuk mendukung upaya Apple memblokir penjualan beberapa produk Samsung di AS.

Seperti dilaporkan Reuters, dalam dukungannya tersebut, Nokia meminta pihak pengadilan untuk mempertimbangkan lagi hasil sidang terakhir yang menyatakan bahwa Samsung tidak bersalah.

Dukungan yang diberikan Nokia ini pastilah sangat disambut gembira oleh Apple. Pasalnya, produsen iPhone itu sangat membutuhkan dukungan agar dapat menjegal produk Samsung di AS.

Seperti dilansir The Verge, Jumat (8/3), Keith Broyles, pengacara Nokia mengatakan, putusan hakim dalam kasus sengketa paten Apple vs Samsung dapat merusak tatanan soal perlindungan paten di AS. Ia berpendapat, pemegang paten seharusnya dilindungi.

Sebelumnya, dalam persidangan di pengadilan AS pada bulan Desember 2012 lalu, Hakim Lucy Koh menolak permintaan Apple untuk melarang penjualan 26 produk Samsung yang diduga telah melanggar paten.

Saat itu Hakim Koh meminta Apple menunjukkan bukti bahwa produk Samsung telah menganggu penjualan produk-produk Apple, jika Apple ingin mendapatkan larangan permanen.

Menariknya, Nokia dan Apple sebenarnya juga memiliki hubungan yang kurang harmonis, karena kedua perusahaan ini juga pernah terlibat dalam sengketa paten. Pertikaian paten antara Nokia dan Apple terjadi pada tahun 2009 lalu terkait masalah paten teknologi di iPhone.

Sementara Nokia sendiri berdalih memberikan dukungan kepada Apple hanya semata-mata karena Nokia ingin menuntut perlindungan bagi pemegang paten. Kekhawatiran itu muncul karena perusahaan asal Finlandia itu saat ini juga sedang terlibat beberapa kasus sengketa paten.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0