Waduh! YouTube akan Berbayar?

YouTube
YouTube

Jakarta – Situs berbagi video YouTube berencana akan meluncurkan layanan berbayar. Layanan baru yang disebut-sebut akan bernama ‘Langganan Berbayar’ ini tidak berlaku untuk semua saluran, karena hanya beberapa channel saja yang berbayar.

Rumor tentang layanan berbayar ini memang telah muncul beberapa bulan lalu. Saat itu di YouTube muncul sebuah kode yang ditemukan pada pembaruan bulan Februari tak sengaja menyebut opsi channel ‘berlangganan’ dan ‘berhenti berlangganan’.

Dari desas-desus yang beredar, layanan berbayar ini ditujukan agar para pemilik channel lebih banyak mendapatkan keuntungan dari konten yang diunggahnya.

Tidak semua channel akan berbayar. Dan sampai saat ini disebutkan telah ada 50 channel di YouTube yang akan dikenakan biaya berlangganan. Tiap channel tersebut akan ditawarkan mulai USD1,99 per bulan. Konten ini antara lain berisi acara TV dan film-film box office.

Dan rumornya, layanan berbayar YouTube ini akan dikenakan tarif berlangganan paling murah sebesar USD 1,99 untuk bisa mengakses 50 chanel selama sebulan.

Pihak YouTube sendiri kabarnya tak main-main dengan proyek barunya ini. Bahkan dilaporkan bahwa YouTube telah menggelontorkan dana hingga USD 200 juta dalam 18 bulan belakangan untuk mempromosikan rencana tersebut.

“Saat ini kami tidak ada rencana meluncurkan hal tersebut, namun kami memang sedang menciptakan sebuah platform langganan yang bisa menghadirkan konten-konten menarik di YouTube, agar para pengguna bisa lebih menikmatinya,” ujar juru bicara Youtube.

“Dan tentunya layanan ini akan membuat para pembuat konten mendapat pendapatan yang lebih baik dari kontennya itu, selain pendapatan dari penyewaan dan tipe iklan yang kami sudah tawarkan,” lanjutnya seperti yang telsetNews kutip dari Mashable, Senin (6/5).

Selama ini YouTube banyak diminati pengguna internet untuk membagi koleksi video pribadinya karena gratis. Lalu bagaimana jika nantinya tak gratis lagi alias berbayar? Kita lihat saja respon ke depannya bagaimana.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0