Waduh, Sensor Tiongkok Hapus 600.000 Akun Internet

Gmail in china2JAKARTA – Sebuah perusahaan internet besar di tiongkok manghapus setidaknya 600.000 akun online karena nama mereka tidak cocok dengan regulasi yang ada. Penghapusan ini akan terjadi pada Minggu ini, menurut sumber dari pejabat pemerintahan Tiongkok.

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (28/02/2015), beberapa perusahaan internet besar Tiongkok yakni Alibaba Group Holding Ltd, Tencent Holdings Ltd, Baidu Inc, Sina Corp afiliasi Weibo Corp dan beberapa perusahaan lain, menghapus akun yang mencurigakan, menurut keterangan Cyberspace Administration of China (CAC).

Beberapa alasan penghapusan beragam, mulai dari tuduhan isi yang menyesatkan, berisi rumor yang tidak berdasar, jaringan teroris, atau memuat kekerasan, hingga pornografi dan hal buruk lainnya.

Dengan sensor ini, semakin jelaslah kontrol pemerintah Tiongkok atas penggunaan internet warganya. Pemerintah Tuiongkok memberlakukan pengetatan kontrol atas internet sejak 2013, termasuk Great Firewall.

Perusahaan-perusahaan besar yang melakukan penghapusan akun saat ini masih enggan berkomentar, tapi pada dasarnya mereka ingin mematuhi regulasi yang berlaku. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI