Waduh..Perangkat Android Bisa Dipakai Membajak Pesawat

Aplikasi PlaneSploit
Aplikasi PlaneSploit

Jakarta – Sistem keamanan pesawat terbang ternyata tidak ‘steril’ dari aksi peratas. Hal ini dibuktikan seorang hacker yang berhasil ‘membajak’ sistem penerbangan pesawat terbang dengan menggunakan ponsel Android.

Hacker bernama Hugo Teso yang juga berprofesi sebagai konsultan keamanan digital itu menunjukan bagaimana sebuah aplikasi Android yang ia kembangkan secara khusus, bisa menyusup ke sistem kontrol pesawat.

Pria yang juga memiliki lisensi menerbangkan pesawat ini memamerkan aksinya pada sebuah forum keamanan digital Hack in the Box di Amsterdam, Belanda.

Dalam jurnal ilmiahnya yang berjudul Aircraft Hacking: Practical Aero Series, dia menunjukkan bagaimana aplikasi yang dikembangkannya dapat mengekstrak informasi penting dari sistem pesawat terbang, sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan pesawat.

Teso hanya membutuhkan sebuah smartphone Samsung Galaxy untuk mengoperasikan aplikasi bernama PlaneSploit itu. Caranya, dengan masuk ke sistem kemudi pesawat secara nirkabel. Atau, bisa juga dilakukan dengan membuat sistem rencana perjalanan lain, yang kemudian diunggah ke dalam sistem milik aplikasi khusus itu.

Namun aksinya ini hanya dapat dilakukan saat pilot mengaktifkan modus ‘autopilot atau kemudi otomatis. Teso mengungkapkan, beberapa sistem pesawat ada yang tidak terenkripsi dan tidak aman.

Sebagai seorang yang paham dengan dunia teknik penerbangan, maka ia dengan mudah mengetahui akses ke sistem itu sehingga bisa mengendalikan pesawat.

“Presentasi ini akan menjadi demonstrasi praktis tentang bagaimana mengambil alih kontrol penuh pesawat terbang dari jarak jauh, untuk memperlihatkan hasil dari tiga tahun penelitian saya di bidang keamanan penerbangan,” tulis Teso dalam jurnal ilmiahnya.

Teso mengakui, aplikasi yang dikembangkannya ini belum diujicoba secara langsung di pesawat saat mengudara, melainkan hanya diuji dalam sebuah laboratorium sistem pesawat.

Dan dengan pertimbangan keamanan, ia memastikan tidak akan mempublikasikan aplikasi PlaneSploit ini kepada umum. Syukurlah…[HBS]

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0