Waduh! Jutaan Pengguna Internet Explorer Terancam Kena Hack

Telset.id, Jakarta – Peramban alias browser buatan Microsoft, Internet Explorer, terkenal punya sistem keamanan minim. Terbaru, peneliti John Page menunjukkan ada celah keamanan versi anyar di peramban tersebut.

Menurut laporan Engadget dikutip Telset.id, Senin (15/4/2019), celah keamanan baru di Internet Explorer memanfaatkan MHT File.

Sekadar informasi, MHT Fike merupakan format yang digunakan Internet Explorer ketika pengguna menyimpan halaman situs.

{Baca juga: Microsoft Minta Pengguna Tinggalkan Internet Explorer}

Melalui celah keamanan baru tersebut, peretas atau hacker tidak hanya bisa memata-matai para pengguna Windows, tetapi juga mencuri data yang tersimpan di komputer.

Karena Windows membuka MHT File secara default, celah keamanan itu akan memengaruhi meski pengguna tidak menggunakan peramban Internet Explorer. Pengguna cukup membuka lampiran via obrolan atau email.

Celah keamanan tersebut memengaruhi sistem operasi Windows 7, Windows 10, dan Windows Server 2012 R2. Sayang, kabarnya Microsoft menolak merilis pembaruan untuk menambal celah keamanan di Internet Explorer.

Microsoft akan mempertimbangkan untuk merilis perbaikan celah keamanan lewat pembaruan biasa. Dengan kata lain, jutaan pengguna rentan terserang jika tidak menonaktifkan Internet Explorer untuk membuka MHT File.

Beberapa waktu lalu, Microsoft meminta kepada pengguna untuk berhenti memakai Internet Explorer. Microsoft memperkenalkan peramban baru Microsoft Edge, bersamaan dengan peluncuran Windows 10.

{Baca juga: Microsoft Tegaskan Umur Windows 7 Sampai 2023}

Meskipun begitu, pengguna masih akan bisa menemukan browser ini di Windows. Masih banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggunakan Internet Explorer karena terbukti mendukung aplikasi web lama. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here