Waduh.. Ilmuwan Sebut Mobil Tesla akan Tabrak Bumi?

Telset.id, Jakarta – Mobil Tesla Roadster, yang diterbangkan Elon Musk bersama roket Falcon Heavy, berhasil menjajah ruang angkasa. Namun, ternyata, mobil itu berpotensi untuk menabrak bumi. Benarkah?

Dua minggu setelah mobil Tesla Roadster diterbangkan ke Mars, tim ilmuwan mencoba menghitung rute penjelajahan selama beberapa juta tahun ke depan. Mereka mengukur berdasarkan lintasan yang disasar mobil Tesla Roadster, medan gravitasi yang bakal ditemui, serta pergerakan benda di tata surya.

[Baca juga: Masih Percaya Bumi Datar? Ini Hasil Rekaman Starman]

Hasilnya, seperti diwartakan Geek, Tesla enam persen berpeluang menabrak bumi dalam kurun waktu satu juta tahun mendatang. Ia juga 2,5 persen berpotensi menabrak Venus. Pada 2091, mobil Tesla bakal pula berada beberapa ratus ribu mil dari bumi.

“Memang, ada kemungkinan mobil Tesla akan menabrak planet kita dalam jutaan tahun mendatang. Namun, bisa jadi, ia akan terlebih dahulu terbakar di atmosfer sebelum mendekati bumi,” kata peneliti Hanno Rein.

Bagaimana tanggapan Musk? Ia meyakinkan bahwa mobil Tesla akan terus mengorbit di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Sebelum peluncuran, ia dan tim telah menyusun proyeksi. Mereka sangat percaya Tesla bakal tetap di luar angkasa selama satu miliar tahun.

Guna memenuhi ambisi, Musk bahkan telah membahas rencana peluncuran ribuan satelit yang mengorbit rendah dan mampu menyediakan internet berkecepatan tinggi bagi orang-orang di seluruh dunia. Menurut informasi yang diunggah di situs FCC, dua satelit pertama akan ditempatkan di orbit pada akhir pekan ini.

Wakil presiden urusan satelit SpaceX mengatakan kepada Kongres bahwa perusahaan berencana meluncurkan dua demo satelit pada akhir 2017 dan awal 2018. Jika rencana berjalan lancar, operasional satelit pertama bisa diluncurkan pada awal 2019.

Dalam suratnya kepada FCC, baru-baru ini, SpaceX mengatakan bahwa dua satelit eksperimental bernama Microsat-2a dan -2b bakal diluncurkan di roket Falcon 9. Menurut kabar, Falcon 9 juga akan membawa Paz, satelit pengamatan radar milik pemerintah Spanyol.

[Baca juga: Edan! Mobil Listrik Tesla Taklukkan Supercar [Video]]

Microsat-2a dan -2b dijadwalkan lepas landas pada akhir Februari 2018 atau. Falcon 9 akan diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di 6:17 AM Pasifik. Lewat inovasi tersebut, SpaceX berharap pada 2024 nanti bisa mengorbitkan semua satelitnya. [SN/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0