telset
spot_img

Waduh, Apple Maps Beresiko Menyebabkan Kematian

Jakarta – Peringatan diberikan Kepolisian Australia bagi para pengguna Apple Maps karena dianggap bisa menyesatkan. Aplikasi peta buatan Apple itu disebutkan telah memberikan panduan arah yang salah, sehingga berbahaya bagi yang memakainya.

Peringatan ini diberikan pihak kepolisian Australia setelah mendapatkan laporan adanya sekelompok pengendara motor yang tersesat setelah mengikuti panduan arah yang salah dari aplikasi peta buatan Apple tersebut.

Seperti dilansir Cnet yang dikutip telsetNews, Selasa (11/12), kelompok pengendara motor itu tersesat setelah menggunakan Apple Maps untuk menuju ke kota Mildura di Australia. Namun bukannya menuju ke arah yang benar, mereka malah nyasar ke Murray-Sunset National Park yang berjarak 43 mil (sekitar 70 kilometer, red) dari Mildura.

Dan yang paling mengkhawatirkan adalah, lokasi Sunset National Park itu dikenal sebagai wilayah yang memiliki kondisi alam yang ekstrim karena suhu yang panas, minim air, dan tidak terjangkau sinyal ponsel.

Menurut Inspektur Kepolisian Victoria, Simon Clemmence, pihaknya mendapat laporan dari 6 orang yang berhasil mengontak polisi untuk meminta bantuan. Ironisnya mereka harus menempuh perjalanan lebih dari 24 jam sebelum akhirnya bisa menelpon polisi.

“Kami mendapat laporan sedikitnya ada 6 kasus orang tersesat. Peta itu menempatkan arah Mildura 70 kilometer lebih jauh dari yang seharusnya,” kata seorang petugas kepolisian bernama Stephen Phelan.

Walaupun sudah cukup menderita akibat tersesat, namun menurut Clemmence, para pengendara motor itu masih cukup beruntung karena pada hari tersebut cuaca tidak terlalu panas. Jika tidak, mereka bisa saja akan mati kehausan.

Pihak Kepolisian Australia telah memberi peringatan agar orang tidak menggunakan Apple Maps jika ingin ke Mildura. Karena bisa beresiko fatal yang menyebabkan kematian.

Untuk mencegah hal ini terulang, polisi Australia dikabarkan telah melayangkan email ke pihak Apple untuk memperbaiki kesalahan pada aplikasi peta yang baru diluncurkan pada September lalu itu.

Kabar terbaru yang dilansir Guardian menyebutkan, pihak Apple sudah memperbaiki aplikasi peta buatannya itu. Beberapa orang menyebutkan bahwa petunjuk di Apple Maps kini sudah benar mengarah ke arah Mildura.

Sejak dikuncurkan pada September lalu, Apple Maps memang telah banyak menuai komplain dari para penggunanya. Peta tersebut dilaporkan sering salah menyebutkan lokasi, sehingga menyebabkan penggunanya salah arah.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0