Semakin Canggih, Telkomsel Luncurkan VoLTE, Apa Itu?

Telset.id, Jakarta – Sebagai pelanggan Telkomsel pasti pernah menerima SMS tentang ajakan untuk menggunakan layanan VoLTE atau Voice over Long-Term Evolution, bukan? Sebagai contoh, “Telah hadir layanan VoLTE Telkomsel dgn fitur & keuntungan yg luar biasa. Mau coba? Update OS dan pastikan pengaturan HP Anda di VoLTE. S&K. Info: tsel.me/volte1” 

Bagi yang masih awam, tentu akan dibuat bingung ketika menerima pesan tersebut. Apa sih VoLTE atau Voice over Long-Term Evolution itu?

VoLTE merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk melakukan atau menerima panggilan telepon di jaringan 4G. Dengan menggunakan layanan ini, setidaknya ada tiga manfaat utama yang bisa kita peroleh. Pertama, tetap bisa melakukan koneksi internet, streaming video, main games online, walaupun di saat yang bersamaan ada panggilan telepon yang masuk.

Kedua, ketika melakukan panggilan telepon pun suara akan lebih jernih dengan kualitas  berbasis jaringan 4G. Terakhir, saat melakukan panggilan telepon akan lebih cepat terhubung dibandingkan dengan panggilan biasa maupun lewat Voice over internet protocol (VoIP).

{Baca juga: Telkomsel Hadirkan Layanan VoLTE, Ini 3 Keunggulannya}

Kenapa semua itu baru dilakukan oleh Telkomsel sekarang? Alasan paling utama, tentu adalah demi kenyamanan para pelanggannya. Dimana dengan jumlah pelanggan yang saat ini mencapai 171 juta pengguna, frekuensi yang dimiliki tentu harus dimaksimalkan agar semua pelanggan dapat menggunakan layanan dengan nyaman. Salah satu yang dapat dijadikan solusi adalah dengan Voice Over Long Term Evolution atau VoLTE ini.

Sebelum ada VoLTE, ketika pelanggan melakukan panggilan telepon, maka jaringan akan secara otomatis turun ke 2G atau 3G. Itu alasannya kenapa ketika sedang melakukan akses internet atau nonton streaming, dan ada panggilan masuk, akses akan mati. Nah, dengan menggunakan VoLTE, akses internet yang sedang dilakukan tidak akan terputus dan tetap dapat menerima panggilan telepon karena panggilan itu tidak akan turun ke jaringan 2G atau 3G.

Layanan VoLTE Telkomsel ini juga menjadi penting bagi operator, dimana frekuensi yang saat ini digunakan oleh 2G dan 3G dapat dimanfaatkan oleh Telkomsel untuk melakukan pengembangan ke arah 5G.

“Bukan apa-apa, ke depannya 5G ini membutuhkan spektrum yang sangat besar sehingga membutuhkan frekuensi yang lebar juga agar bisa memberikan layanan pada pelanggannya dengan baik,” ungkap Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel menjelaskan.

Implementasi VoLTE ini juga menjadi sebuah ‘jalan keluar’ untuk mengantisipasi perkembangan tersebut. “Kami jadi bisa memaksimalkan spektrum yang ada, sehingga layanan broadband pun jadi lebih maksimal. Lalu, load di 2G dan 3G juga terus berkurang, sehingga kami juga bisa mengurangi investasinya dan fokus pada pengembangan 4G dan nantinya 5G karena bebannya pindah,” ujar Adhi menambahkan.

{Baca juga: Banyak Peminat, VoLTE Telkomsel Diperluas Sampai Sidoarjo}

Tak hanya itu, ekosistem VolTE juga sudah mulai terbentuk dengan mulai banyaknya smartphone yang mendukung teknologi ini. Untuk mendorong ekosistem agar tumbuh lebih besar lagi, Telkomsel pun melakukan kerjasama dengan para produsen Smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, Vivo, Oppo dan akan menyusul merek perangkat lainnya.

Tak sampai disitu, Telkomsel juga akan terus memperluas jaringan VoLTE ini. Jika sebelumnya jaringan VoLTE hanya ada di beberapa wilayah seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Surabaya, ke depannya perusahaan akan merambah wilayah Bogor, Jawa Barat dan Sidoarjo, Jawa Timur, dan banyak lagi.

Cara Memanfaatkan VoLTE Telkomsel 

Sebelum menggunakan layanan VoLTE Telkomsel, yang harus dilakukan oleh pelanggan adalah memastikan bahwa smartphone yang digunakan sudah mendukung teknologi tersebut dengan sistem operasi atau OS versi terbaru. Kemudian aktifkan jaringan VoLTE pada pengaturan. Jika VoLTE sudah aktif akan terlihat logo atau ikon VoLTE pada status sinyal bar. Oh iya, pastikan juga Anda sudah menggunakan SIM card 4G Telkomsel. [ADV]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here