Virus Corona Tetap Nempel di Layar Ponsel Sampai 28 Hari

Virus corona di ponsel

Telset.id, Jakarta  – Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari badan sains nasional Australia, virus corona tetap menempel di layar ponsel Anda hingga 28 hari.

Beberapa penelitian sebelumnya mengungkap bahwa layar smartphone cenderung lebih kotor dibanding dudukan toilet. Artinya, Anda harus rajin membersihkannya agar mengurangi kotoran.

{Baca juga: Penting! Cara Aman Bersihkan Ponsel dari Virus Corona}

Nah, sekarang para peneliti dari badan sains nasional Australia berhasil membongkar fakta lain bahwa virus corona ternyata dapat menempel di layar smartphone Anda sampai periode 28 hari.

Namun, perlu dicatat bahwa penelitian tersebut dilakukan dalam kondisi laboratorium gelap. Sebab, telah dibuktikan bahwa virus corona dapat dimatikan menggunakan sinar ultra violet (UV) alias sinar matahari.

Dengan kata lain, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (13/10/2020), di dunia nyata atau di luar laboratorium gelap, durasi virus untuk bertahan di layar smartphone  mungkin lebih pendek.

Kendati begitu, perlu juga dicatat bahwa penelitian para peneliti dari badan sains nasional Australia menemukan hasil serupa di jenis permukaan benda lain, termasuk kaca, plastik, baja, dan kertas.

{Baca juga: Tangkal Corona, Samsung Hadirkan Layanan Bersih-bersih Smartphone}

Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menggarisbawahi bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara rutin dan menyeluruh memakai sabun dan air.

Hasil penelitian serupa pernah diuraikan pada Maret 2020. Waktu itu, terungkap bahwa virus corona tetap berada di permukaan beberapa lokasi di dalam kapal pesiar Diamond Princess selama 17 hari. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here