Home NEWS Peneliti Ciptakan Eksoskeleton Mirip Film Elysium

[VIDEO] Peneliti Ciptakan Eksoskeleton Mirip Film Elysium

Telset.id, Jakarta – Pernahkah Anda menonton film Elysium yang dibintangi oleh aktor Matt Damon? Di film tersebut menayangkan karakter Max yang lumpuh, tapi bisa berlari dan punya kekuatan besar setelah menggunakan perangkat menyerupai eksoskeleton. Rupanya, teknologi eksoskeleton di film Elysium akan segera menjadi kenyataan.

Baru-baru ini, seperti dilansir Ubergizmo, para peneliti di Stanford University telah mengembangkan teknologi eksoskeleton yang dirancang untuk dipakai di pergelangan kaki. Tujuannya untuk membantu manusia berlari lebih baik.

Dikutip Telset.id, Jumat (27/03/2020), para peneliti mengakui bahwa mengenakan eksoskeleton di sekitar kaki sebenarnya akan membuat seseorang berlari lebih keras karena memeperoleh berat ekstra atau tambahan.

{Baca juga: Chip Bikinan Intel Punya Kemampuan Mirip Hidung Manusia}

Namun, mereka juga mengklaim bahwa jika ditenagai dengan baik oleh motor yang bagus, eksoskeleton bisa membantu untuk mengimbangi energi ekstra yang dihabiskan. Pada saat yang sama, eksoskeleton meningkatkan daya lari.

Perangkat ini telah dirancang untuk meniru pegas. Energi disimpan pada awal langkah, kemudian diturunkan saat jari-jari mendorong tanah. Delaney Miller, seorang mahasiswa pascasarjana, mencoba memberi penjelasan.

{Baca juga: Israel Pakai Teknologi Anti Terorisme untuk Lawan Virus Corona}

“Bantuan bertenaga akan melepaskan banyak energi dari otot-otot betis. Proses tersebut sangat berat dibandingkan dengan lari normal,” terang Miller, yang diketahui juga bekerja sebagai tim perancang di Eksoskeleton.

Berdasarkan tes, para peneliti menemukan bahwa perangkat ciptaan mereka sebenarnya meningkatkan kecepatan pelari sebanyak 10 persen. Mereka juga mencatat bahwa jumlah itu berpotensi bakal meningkat setelah terbiasa. (SN/MF)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version