Upaya Gojek Hadirkan Transportasi Online Aman untuk Perempuan

Telset.id, Jakarta – Bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional, Gojek menghadirkan kampanye “Aman Bersama Gojek”. Melalui gerakan ini, Gojek mempertegas komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi online paling aman bagi perempuan melalui pilar teknologi, proteksi, dan edukasi.

Dari pilar teknologi, Gojek memastikan keamanan perempuan saat menggunakan aplikasi, melalui serangkaian fitur yang diberi nama Gojek SHIELD.

Memanfaatkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), serta dioperasikan oleh tim keamanan digital, Gojek SHIELD berusaha memastikan keamanan dari sebelum memulai perjalanan, selama perjalanan, dan pada saat darurat.

{Baca Juga: Tarif Ojol Naik, Gojek: Sesuai dengan Harapan Para Mitra}

Beberapa fitur pada Gojek SHIELD adalah, penyamaran nomor telepon – baik pelanggan maupun driver, fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan customer care dan unit darurat yang siaga 24/7, serta mengadopsi perspektif korban.

Gojek tidak hanya berusaha memastikan keamanan pengguna terutama perempuan melalui teknologi di dalam aplikasi saja, tetapi juga melakukan serangkaian upaya di luar aplikasi, melalui pilar proteksi dan edukasi.

Dua inisiatif utama sebagai perwujudan komitmen ini ditandai oleh peluncuran “Zona Aman Bersama Gojek” dan pelatihan active bystander untuk para mitra GoRide dan GoCar.

Zona Aman Bersama Gojek merupakan program ruang ramah perempuan yang akan memanfaatkan ratusan shelter atau titik jemput Gojek yang ada di berbagai lokasi di Indonesia. Keunggulannya, adalah lokasinya yang strategis, dekat keramaian dan berada di titik transportasi publik.

{Baca Juga: Beli Aplikasi di Play Store Pakai GoPay? Begini Caranya}

Tidak hanya itu, Gojek juga akan menghadirkan Zona Aman Bersama Gojek yang lebih lengkap dengan penerangan yang memadai, kursi tunggu, dan materi edukasi publik untuk mensosialisasikan ruang publik aman bagi perempuan.

Sementara, untuk menyiapkan mitra driver menjadi active bystander, Gojek telah bekerjasama dengan Hollaback! Jakarta sejak tahun 2019. Tujuannya, untuk mempelopori pelatihan active bystander lewat Bengkel Belajar Mitra untuk para mitra GoRide dan GoCar.

“Kami terus berinvestasi untuk meningkatkan rasa aman, diantaranya menjadikan shelter kami sebagai ruang ramah perempuan serta menjadikan mitra driver kami sebagai active bystander untuk menciptakan budaya aman di ruang publik,” ujar Monita Moerdani, SVP Transport Marketing Gojek. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI