telset

Unik, Begini Cara Rudiantara Uji Coba Palapa Ring Paket Tengah

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara mencoba kecepatan jaringan Palapa Ring di lokasi Network Operation Center (NOC) Palapa Ring Paket Tengah di Desa Muhajirin Baru, Morotai Maluku Utara Rabu (02/01/2019). Cara uji cobanya pun cukup unik.

Dilansir Telset.id dari laman resmi kominfo pada Kamis (03/01/2019), Rudiantara melakukan video call dengan Menteri Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta.

Seperti diketahui, Palapa Ring Paket Tengah telah rampung 100% sejak tanggal 21 Desember 2018 lalu.

Pada uji coba tersebut Rudiantara mengatakan jika  pemanfaatan Palapa Ring Paket Tengah akan semakin optimal dengan adanya sinergi antar kementerian atau lembaga. Bahkan, ke depan Pemerintah akan segera menghubungkan seluruh desa dengan internet.

{Baca juga: Tuntas 100%, Palapa Ring Paket Tengah Siap Uji Coba Operasi}

“Bisa dibayangkan ke depan, seorang Menteri Desa dapat berhubungan langsung dengan tiga kepala desa sekaligus dari 75.000 kepala desa hanya dengan menggunakan ponsel saja. Inilah bentuk cepatnya perkembangan teknologi yang kita bisa manfaatkan untuk bangsa ini,” tutur Rudiantara.

Sebelumnya, Rudiantara menyapa Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Raden Sadjad Kolonel Pnd Prasetiya Halim di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau melalui sambungan video call.

Adapun di Natuna sendiri, sang komandan menggunakan jaringan Palapa Ring Paket Barat yang telah digunakan sejak Maret lalu.

“Akses internet di Lanud Raden Sadjad  menggunakan layanan Palapa Ring Paket Barat yang telah on air sejak Maret 2018,” jelas Rudiantara.

Menurut Rudiantara, pembangunan infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring yang dilakukan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) merupakan bentuk saling komplemen antara operator dengan BAKTI.

{Baca juga: Palapa Ring Diproyeksikan Rampung September 2018}

“Dimana operator pada umumnya fokus di daerah yang dianggap visible secara bisnis. Sedangkan BAKTI fokus di daerah yang tidak visible secara bisnis, dan dianggap tidak ada return,” ujarnya.

Dalam uji coba itu, Rudiantara didampingi Direktur BAKTI Bambang Noegroho. Menurut Bambang  kapasitas Palapa Ring Tengah  bisa  mencapai 100Gbps (Gigabyte per second).

Adapun kecepatan akses di Terminal Station Morotai up to 40 Mbps (Mega Byte per second). Sementara kecepatan akses di sekitar Taman Kota Morotai up to 30 Mbps. Kecepatan itu mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya berkisar 2 Mbps.

{Baca juga: Palapa Ring Buka Akses Internet Cepat di Indonesia Timur}

“Kecepatan internet pada saat speedtest bisa mencapai 40 Mbps untuk unduh, sedangkan untuk unggah mencapai 7 Mbps. Hal ini seharusnya dimanfaatkan operator agar masyarakat mendapatkan manfaat lebih besar,” jelas Bambang.

Di akhir kunjungannya di Morotai, Rudiantara melakukan voice call menyapa Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh guna mencoba jaringan 2G yang baru dibangun BAKTI bersama mitra di Desa Waringin, Morotai. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0