Uji Palapa Ring, Rudiantara Video Call dengan Nelayan Natuna

Telset.id, Jakarta – Menkominfo Rudiantara melakukan uji coba jaringan Palapa Ring dengan cara yang unik. Dari Kantor Kominfo di Jakarta, dia melakukan video call dengan dua nelayan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna.

Dalam uji coba itu, Rudiantara melakukan video call dengan dua nelayan bernama Safarudin dan Sahidan yang sedang berada di tengah laut.

Kepada Rudiantara dan tamu undangan di Jakarta, Sahidan memperkenal diri berasal dari Pulau Tiga, Kabupaten Natuna Kepulauan Riau.

“Perkenalkan saya Sahidan, umur saya 41 tahun dan saya berasal dari pulau Tiga Natuna,” ujar Sahidan via video call dari Selat Lampa, Natuna.

Sahidan berterimakasih kepada pemerintah karena telah menyelesaikan pembangunan jaringan Palapa Ring Paket Barat termasuk Natuna. Namun Sahidan meminta kepada Menkominfo untuk memberikan aplikasi pendeteksi keberadaan ikan atau Aplikasi Nelayan Pintar.

{Baca juga: Tuntas 100%, Palapa Ring Paket Tengah Siap Uji Coba Operasi}

“Supaya pendapatan kami lebih menguntungkan. Ini demi anak isteri kami pak,” pinta Sahidan.

Rudiantara terlihat bahagia atas kemampuan jaringan Palapa Ring yang menjangkau para nelayan yang sedang berada di tengah laut. Pasalnya, jaringan di tengah laut acapkali terganggu sehingga sulit dihubungi.

“Saya bahagia sudah bisa mendengar suara bapak,” kata Menkominfo Rudiantara saat uji coba video call lewat jaringan Palapa Ring di Kantor Kominfo di Jakarta, Rabu (20/03/2019).

Selain di Natuna, Menkominfo juga melakukan video call dengan Bupati Morotai, Benny Laos dan rakyat Morotai. Kepada Menkominfo, dia mengucapkan terimakasih, karena berkat Palapa Ring, akses internet di Rumah Sakit dan Kantor Pemerintah bisa berjalan dengan maksimal.

“Berkat Palapa Ring, akses internet software di instalasi rawat inap bisa berfungsi, dan jaringan internet 4G sudah ada di kantor pemerintahan sehingga kegiatan kami bisa maksimal,” ucap Benny dari Morotai.

Rudiantara pun mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Morotai dan berharap agar jaringan Palapa Ring bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Selamat ulang tahun Kabupaten Morotai. Kita semua tahu bahwa Morotai sedang membangun ekonomi daerahnya, sehingga jika ada investor yang masuk ke sana, tidak boleh lagi mempersalahkan isu internet,” tuturnya.

{Baca juga: Unik, Begini Cara Rudiantara Uji Coba Palapa Ring Paket Tengah}

Terkait pembangunan jaringan Palapa Ring, Menkominfo mengatakan bahwa pembangunan di Paket Barat dan Paket Tengah sudah selesai. Sedangkan Palapa Ring Paket Timur sudah mencapai 94%.

“Jadwalnya (selesai) perkiraan Mei atau Juni. Sekarang Palapa Ring Paket Timur masih 94%,” imbuhnya. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here