Uber dan Toyota Kerjasama Kembangkan Minivan Otonom

Telset.id, Jakarta – Layanan ride sharing, Uber dikabarkan tengah berusaha mengajak Toyota untuk mengembangkan teknologi mobil otonom atau kendaraan yang dapat beroperasi otomatis tanpa bantuan pengendara. Perusahaan tersebut ingin menyematkan teknologi sistem penggerak otonom pada kendaraan besutan Toyota.

Ajakan Uber pun ditanggapi positif oleh Toyota yang juga sedang mengembangkan teknologi mobil otonom sendiri. Menurut pabrikan otomotif asal jepang itu, pihaknya terbuka untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain demi membawa teknologi otonom baru ke pasar otomotif dunia.

Seperti diketahui, Uber dan Toyota sebelumnya juga sudah melakukan kolaborasi untuk layanan ride-hailing serta pengembangan sistem self-driving untuk taksi online dan jasa pengiriman barang. Dilansir dari Channelnewsasia, jika kerjasama ini berjalan dengan baik, Uber ingin memasangkan teknologi mobil otonom pada salah satu model miinivan milik Toyota.

[Baca Juga: Truk Otonom Uber Mulai Kirim Barang di Arizona]

“Kami secara teratur bertukar informasi tentang teknologi ini dengan Uber untuk beberapa waktu sekarang,” kata seorang juru bicara yang juga menambahkan bahwa tidak ada keputusan lain yang dibuat di luar kerjasama yang ada.

Saat ini produsen otomotif dan perusahaan teknologi dunia berlomba-lomba mengembangkan mobil otonom sendiri. Seperti Waymo milik perusahaan induk Google yakni Alphabet, Volvo, Daimler AG, Apple, dan lainnya.

[Baca Juga: Taksi Otonom Nissan Siap Uji Angkut Penumpang]

Bahkan beberapa diantaranya sudah menguji kendaraan tersebut di jalanan, seperti Uber yang mengumumkan bahwa truk berteknologi otonom mereka sudah dapat digunakan untuk mengirimkan barang ke wilayah Arizona, Amerika Serikat. (WS/FHP)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0