Uber Bangun Kota Buatan untuk Uji Mobil Otonom

Telset.id, Jakarta – Sejumlah perusahaan kini dengan berlomba mengembangkan teknologi mobil otonom, sebut saja sepeti Google, Apple, Microsoft, Baidu, dan juga Uber. Keseriusan Uber bahkan dibuktikan dengan dibangunnya kota buatan untuk menguji sistem mobil otonom mereka.

Mengutip dari laman BGR, perusahaan kendaraan umum online ini mempersiapkan tanah seluas 42 hektar di Pennsylvania, Amerika, untuk membangun kota buatan. Kota yang diberi nama Almono itu akan digunakan untuk menguji sistem mobil otonom yang mereka kembangkan.

[Baca juga: Selain Mobil Otonom, Baidu Juga Siapkan Bus Otonom]

Dalam kota Almono ini, terdapat rambu lalu-lintas seperti layaknya jalanan umum di kota-kota yang ada di Amerika Serikat. Mulai dari lampu lalu-lintas hingga marka jalan lain dihadirkan untuk mengajari sistem mobil otonom mereka berjalan dengan aman seperti kenyataan aslinya.

Jalanan ini terasa semakin realitis setelah ditempatkan manekin di sekitaran kota. Manekin ini dipasang untuk menggantikan orang yang berlalu lalang di jalan raya. Manekin ini mengetes respon dari sistem mobil otonom terhadap kejadian yang tak terduga.

[Baca juga: Google Bangun Kota di California, Untuk Apa?]

Kota ini dibangun setelah pada 2016 silam Uber pernah mengalami nasib buruk saat mencoba mobil otonom di jalanan umum di kota Pittsburg. Mobil tersebut mengalami kecelakaan parah, namun untungnya tidak mengakibatkan korban jiwa.

Sebelum Uber, Google juga telah membuat kota replika di California, Amerika. Kota yang diketahui bernama Castle tersebut digunakan untuk menguji mobil otonom mereka di bawah naungan Waymo. [NC/HBS]

SourceBGR

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI