Twitter Kebanjiran Tweeps Tsunami Jepang

Jakarta – Bencana gempa bumi yang melanda Jepang, Jumat (11/3) menjadi topik utama di situs jejaring sosial Twitter. Ucapan ikut prihatin dan kiriman doa terus membanjiri situs micro blogging itu.

Seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Badan Metereologi AS (US Geological Survey) mengonfirmasikan bahwa gempa hebat itu menghantam wilayah lepas pantai Jepang, tepatnya 130 kilo meter timur Sendai, Honsu, dan berasal dari kedalaman 24 kilo meter, sekitar pukul 14.46 waktu setempat.

Gempa susulan masih kembali terjadi sekitar 30 menit kemudian. Akibatnya, muncul tsunami yang menghantam kendaraan dan bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum.

Kabar bencana tsunami yang menggulung sebagian wilayah pesisir Jepang itu langsung mengundang simpati orang di seluruh dunia. Kabar seputar gempa dan tsunami tersebut langsung menjadi topik utama pembicaraan di situs jejaring sosial Twitter.

Menurut catatan dari Tweet o Meter yang mengukur aktivitas di Twitter, setelah satu jam terjadi gempa, jumlah tweet yang berasal dari ibu kota Tokyo mencapai sekitar 1200 per menit. Angka  ini disebutkan jauh melampaui tweet kota-kota lain di dunia.

Jika dibandingkan tweet yang datang dari kota New York tercatat sekitar 800 tweet per menit. Sementara London mencapai sekitar 800 sampai 1.000 tweet per menit. Sayang tidak ada data untuk kota di Indonesia.

Masyarakat di Jepang memanfaatkan Twitter sebagai salah satu media untuk mengabarkan bencana yang tengah mereka alami. Selain tulisan, beberapa user juga mengirimkan foto-foto lokasi bencana ke Twitter untuk menggambarkan tentang situasi yang terjadi saat itu di Jepang.

Menurut pantauan Telset, hingga pukul 17.00 bencana tsunami Jepang menjadi trending topic di Indonesia. hashtag #prayforjapan berada di posisi kedua, kemudian disusul #tsunami (peringkat ketiga), #japan (peringkat keempat), NHK (peringkat kelima), Tokyo Disneyland (peringkat delapan)

Sementara jika dilihat peringkat Trending Topic secara worldwide,  #prayforjapan, #tsunami, #japan, NHK, dan Tokyo Disneyland yang ikut tergulung bencana alam tersebut. [hbs]{jcomments on}

Previous articleJusuf Kalla Selamat dari Tsunami Jepang
Next articleTri Jual Voucher Internet Secara Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here