TSMC Geser Samsung Jadi Pemasok Chip Apple A10

Apple A10 chipJAKARTA – Samsung sudah cukup lama menjadi pemasok utama chip untuk iPhone. Namun posisi itu semakin terancam oleh para pesaingnya, seperti TSMC. Produsen chip asal Tiongkok ini bahkan dikabarkan akan menggusur Samsung sebagai pemasok tunggal chip A10.

Sebuah kabar terbaru mengungkapkan bahwa TSMC semakin berpeluang menjadi pemasok tunggal chip A10, mirip seperti ketika menjadi pemasok tunggal chip A8 untuk iPhone 6 dan 6 Plus di tahun 2014.

Apple disebutkan memilih TSMC sebagai pemasok tunggal chip A10 karena teknologi InFO (Integrated Fan-Out) milik TSMC, yang memungkinkan Apple menggunakan desain yang jauh lebih tipis lagi ketimbang iPhone 6s saat ini.

Informasi ini diungkap oleh blog ekonomi Barrons, dimana mereka mengatakan bahwa bank UBS mengikuti pernyataan para analis yang mengatakan kalau Samsung telah kehilangan jatah pesanan chip A10 ke TSMC.

Tak hanya akan tergusur sebagai pemasok chip bagi Apple, Samsung juga Samsung berpotensi kehilangan bisnis IC mereka, mengingat chip dengan teknologi InFO tidak membutuhkan dukungan IC.

Ke depannya, teknologi Fan-Out diyakini akan segera diadopsi oleh banyak produsen chip lainnya, termasuk Samsung. Hal ini mirip seperti saat Apple mengawali trend penggunaan chip 64-bit. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI