Trojan Varian Baru ’œOSX/Flashback.C’ Serang Mac OS

Jakarta -Memang tak ada jaminan sistem operasi yang tak bisa dimasuki virus. Seperti yang dialami OS besutan Apple, Mac OS X yang dikabarkan terkena virus.

Hal ini terungkap dan akhirnya menjadi perhatian publik, setelah lembaga penelitan keamanan F Secure mengumumkan virus baru dari varian Trojan.

Nama jenis virus baru tersebut adalah OSX/Flashback.C. Virus ini akan menyerang sistem operasi milik Apple dengan cara mendisable updater untuk komponen XProtect.

Ada sesuatu yang baru dalam pengembangan malware. Analisa terakhir telah menunjukkan kepada kita bahwa Trojan-Downloader OSX/Flashback.C menonaktifkan  komponen updater Xprotect secara otomatis, tulis F Secure dalam laporannya yang Telsetnews kutip dari Macrumors, Jumat (21/10).

Xprotect sendiri adalah komponen built in dari OSX yang berfungsi sebagai proteksi terhadap malware. Virus ini akan menutup jalan dari Xprotectupdater file plist. Selanjutnya virus ini akan menulis ulang file XprotectUpdater dengan karakter blank. Tentu saja virus ini juga akan mengubah plist dan binarinya juga.

Akibatnya, Xprotect tidak akan dapat melakukan update secara otomatis. Dan tentu saja ini sangat berbahaya jika ada virus lain yang masuk ke komputer.[tsn/hbs]

 

{jcomments on}

Previous articleRIM Digugat Gara-gara BBX
Next articlePasar PC Lesu, Penjualan OS Windows Melorot

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here