Tri Indonesia Bakal Perkuat Jaringan di Indonesia Timur

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung (Naufal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Hutchison 3 Indonesia (Tri), berencana untuk memperkuat jaringan di Indonesia Timur. Rencana tersebut dikatakan perusahaan masih dalam tahap pembahasan (tahun ini) dan akan diimplementasikan di tahun 2021 mendatang.

“Sudah direncanakan dari awal tahun. Kami juga berusaha membangun jaringan lebih kuat di Indonesia Timur seperti Papua. Semoga bisa terimplementasikan di tahun depan,” kata Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung di Jakarta, Rabu (12/02/2020).

Desmond mengatakan jika Tri memang terus memperluas jaringan mereka di Indonesia. Di tahun 2019 ini mereka telah menambah 9000 ribu Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Total Tri sudah memiliki 27.000 BTS di seluruh Indonesia.

{Baca juga: Tri Tunggu Arahan Pemerintah Soal Implementasi Aturan IMEI}

Jaringan Tri sudah mampu menjangkau 200 juta pelanggan di 300 kabupaten, 3000 Kecamatan, dan 33.000 desa di seluruh Indonesia. Semua BTS tersebut telah didukung oleh sumber daya listrik cadangan dan teknologi pemindahan jalur yang disebut Automatically Switched Optical Network (ASON).

“Orang yang di luar Jawa atau kota kecil, mereka punya keterbatasan informasi seperti digital learning atau menunjukkan karya mereka. Dari Inilah peran Tri Indonesia,” tambah Desmond.

Selain memperluas jaringan, Tri juga telah meningkatkan kapasitas jaringan internet 4G. Hasilnya, mereka mengklaim jika kecepatan koneksi internet Tri naik menjadi 8 kali lebih cepat dibanding kualitas jaringan 4G yang sudah ada sejak tahun 2016.

Jaringan Tri Indonesia telah menggunakan teknologi 4,5G Pro yaitu Massive MIMO 32T32R. Berdasarkan hasil percobaan teknologi tersebut mampu menghasilkan koneksi internet 8 kali lebih cepat.

{Baca juga: Pakai Teknologi 4,5G Pro, Internet Tri 8 Kali Lebih ‘Ngebut’}

“Hasilnya koneksi internet menjadi 8 kali lebih cepat dibanding koneksi internet jaringan 4G pertama yang dikenalkan pada tahun 2016 lalu,” ujar Desmond.

Tri Indonesia juga memiliki 2 produk unggulan untuk mendukung kecepatan internet tersebut. Produk pertama adalah AlwaysOn yang menawarkan kuota internet dengan masa aktif selamanya dan paket bundel kuota internet KeepOn+Amazon Prime Video. [NM/IF]

Previous articlePre Order Dibuka, Samsung Galaxy Z Flip Ludes Dalam 1 Jam
Next articleSamsung Luncurkan Powerbank 25W dan Car Charger 45W

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here