Tri Gunakan 472 BTS Hidrogen Ramah Lingkungan

Nur Hamzah

JAKARTA – Penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan kini terus dikampanyekan untuk mengatasi permasalahan pemanasan global yang saat ini kian mengkhawatirkan. PT Hutchison CP Telecommunication (kartu Tri) ikut tergerak dengan cara terus memperluas penggunaan bahan bakar hidrogen di menara telekomunikasi miliknya.

Tri sejak tahun 2009 telah berhasil membangun 472 BTS berbahan bakar hidrogen. Bahkan Tri mengklaim mereka merupakan operator telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang mengoperasikan BTS hidrogen secara komersial dalam jumlah yang banyak

Kami akan terud mendukung rencana penanggulangan dampak pemanasan global, dengan cara  memperluas pengoperasian BTS bertenaga hidrogen hingga 472 BTS di Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok, kata Presiden Direktur 3 Manjot Mann dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (2/3).

Dalam keterangannya, Manjot mengungkapkan, proses konvergensi penggunaannya sudah 80 persen berjalan dan diperkirakan akhir bulan ini akan selesai.

Menurutnya, hidrogen sebagai pilihan energi alternatif yang digunakan pada BTS ini merupakan energi yang bersih, bebas polusi, hemat energi, dan ramah lingkungan. Pembuangan dari sel energi hidrogen ini hanya menghasilkan air yang tidak berbahaya bagi lingkungan, jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, keuntungan lain yang didapat adalah peningkatan daya listrik, memberikan cadangan listrik yang lebih tahan lama, dan juga menghemat biaya perawatan. Sel energi hidrogen sendiri pertama kali digunakan oleh lembaga antariksa NASA (National Aeronautics and Space Administrasion) dan terus berkembang sampai dengan saat ini. [hbs]{jcomments on}

Leave a Comment