telset
spot_img

Trend Micro Temukan ‘WhatsApp Palsu’ di Facebook

Jakarta – Perusahaan pengembang aplikasi keamanan, Trend Micro mendeteksi aplikasi WhatsApp yang ada dalam situs jejaring social, Facebook adalah sebuah Malware.  Fakta ini diungkapkannya, karena saat mengklik aplikasi tersebut nyatanya malah mendirect ke dalam situs lain.

“Sistem serangan Malware memang bekerja mengincar situs jejaring social, karena saat ini beberapa situs akan menyimpan lengkap informasi penggunanya. Dan hal tersebut merupakan sasaran yang empuk bagi para cyber chrime,” ujar Aulia Hariadi, Bisnis Manajer Trend Micro Indonesia, kepada telsetNews, di Jakarta, Selasa (27/11) lalu.

Dijelaskannya, bahwa aplikasi palsu WhatsApp yang ada di dalam Facebook tersebut, merupakan sebuah aplikasi jahat yang dimanfaatkan pengembang, untuk membawa pengaksesnya berkunjung ke web lain.

“Aplikasi yang baru teridentifikasi ini akan memberikan info jumlah pengaksesnya yang telah mencapai 2 ribu lebih pengakses. Namun sebenarnya, info tersebut hanyalah sebuah image yang dibuat oleh pengembang aplikasi sebagai informasi palsu,” jelasnya.

Dilanjutkannya, saat pengguna mengakses aplikasi tersebut akan membawa pengakses untuk berkunjung kesebuah website, mirip seperti halnya system kerja yang diberikan dalam aplikasi starbuck. Direct link tersebut akan membawa pengguna untuk mengisi data diri dengan lengkap, dan akhirnya informasi pengguna tersebut terekam dalam database si pengembang aplikasi palsu ini.

“Informasi data diri personal, merupakan hal yang paling diincar para pengembang malware. Mungkin dengan maksud dan tujuan yang berbeda, dan itu merupakan keuntungan yang sangat besar baginya, sehingga beragam cara di hadirkan untuk mencapai tujuan tersebut,” tuturnya.

Ia berharap, bahwa untuk para pengguna jejaring social agar lebih berhati-hati lagi untuk masalah satu ini. Meskipun perangkat computer yang dimiliki mempunyai system keamanan berlapis. Namun sikap waspada terhadap keamanan di Internet harus juga diperhatikan. [wnh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0