Trafik Data XL Naik 77% Saat Libur Natal-Tahun Baru

Telset.id, Jakarta XL Axiata mengalami kenaikan trafik data saat Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 hingga 77%. Kenaikan trafik tertinggi ini terjadi ketika malam Tahun Baru 2020 kemarin.

XL Axiata merilis trafik data pengguna pada libur Natal dan Tahun Baru, atau sejak tanggal 20 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Hasilnya trafik data meningkat sekitar 14% dibandingkan  hari normal.

Kenaikan ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) sebesar 38%. Selama libur 25% layanan data digunakan untuk bermain games, 16% untuk Instant Messaging dan 12% menggunakan Web Browsing.

Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal dan Malam Tahun Baru 2020. Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa.

Sementara XL mencatat kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

{Baca juga: Strategi XL untuk Hadapi Kenaikan Trafik Data Jelang Lebaran}

Tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kabupaten Malang sebesar 26%, Kabupaten Cianjur 26%, dan Kabupaten Banyuwangi 25%.

Saat Natal mulai dari 24-25 Desember 2019, trafik di Medan dan sekitarnya mengalami peningkatan trafik sebesar 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%. Sementara itu, trafik data di area Jabodetabek mengalami penurunan sekitar 5%. Selama periode libur Nataru trafik roaming juga naik sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

Trafik data di lokasi wisata mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%, Labuhan Bajo, naik 10%, Ciater Jawa Barat naik 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta naik 360% serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

{Baca juga: Triwulan Ketiga 2019, Pendapatan XL Axiata Naik 11%}

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa melalui keterangan tertulis pada Jumat (03/01/2020) mengatakan bahwa selama liburan  XL Axiata selalu menjaga kualitas jaringan.

“Bagi kami, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar,” tutup I Gede. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI