Toyota Bikin Robot yang Jago Main Basket

Telset.id, Jakarta – Di masa depan, mungkin kita akan menyaksikan pertandingan basket antara manusia dan robot atau mungkin robot dan robot. Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota berhasil merancang CUE 3 semacam robot humanoid 6,3 yang jago main basket.

Kemampuan robot humanoid ini bermain basket memang baru sebatas melemparkan bola ke dalam ring. Tapi hebatnya, robot ini sangat jago melakukan lemparan 3 angka atau three points.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Selasa (09/04/2019), robot buatan Toyota Engineering Society ini mampu melempar bola basket dengan akurasi yang hampir tepat.

Robot tersebut dapat menghitung gambar 3 dimensi dan mengetahui dimana posisi ring berada. CUE 3 menggunakan sensor pada bagian torsi untuk menyesuaikan gerakan.

Sensor akan terhubung dengan bagian lengan dan lutut robot untuk melakukan gerakan yang pas supaya bola yang dilempar bisa masuk ke dalam ring.

{Baca juga: Mobil Otonom Toyota Resmi Debut, Seperti Ini Tampilannya}

Pada video yang bisa Anda lihat di bawah ini, terlihat bahwa robot memiliki bentuk yang menyerupai manusia. Ketika robot tersebut menerima bola, dia langsung menggerakan tubuh dan mencari posisi ring berada.

Lalu setelah posisi sudah ditemukan, bola pun dilemparkan dan hasilnya robot humanoid asal Negeri Sakura tersebut berhasil mendapat 3 angka pertamanya.

Inovasi dari Toyota ini dapat apresiasi yang baik dari ilmuwan internasional. Menurut Profesor Universitas Stanford, Oussama Khatib robot ini mampu menunjukan aktivitas kompleks yang melibatkan penggunaan sensor dan perhitungan cepat secara real-time.

Robot ini memiliki sistem penglihatan yang baik untuk menembak tepat kedalam ring dengan menghitung jarak dan kecepatan lemparan bola ketika menembak.

“Apa yang dilakukan Toyota disini benar-benar membawa kemampuan teratas dalam persepsi dengan kemampuan teratas dalam kendali supaya robot bisa melakukan sesuatu yang benar-benar menantang,” kata Khatib.

{Baca juga: Setelah Mobil, Toyota Kini Ingin Kuasai Industri Robot}

Namun robot ini belum benar-benar sempur, dan masih bisa dikembangkan lagi. Kelak CUE 3 bisa menggiring bola dan mengoper bola layaknya pemain basket profesional.

Jika melihat kemampuan yang dimiliki robot CUE 3, mungkin kelak kita benar-benar akan bisa menyaksikan pertarungan bola basket antara manusia dan robot. Bisa jadi akan ada Liga Basket Robot Profesional. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0