telset

Tizen Tebar Ancaman ke iOS dan Android

Ilustrasi Tizen OS
Tizen OS

Jakarta – Android dan iOS sepertinya harus mulai waspada. Karena mulai tahun ini pasar sistem operasi (OS) akan semakin diramaikan oleh OS baru. Salah satu yang cukup serius menebar ancaman adalah Tizen, OS baru hasil kembangan Samsung dan Intel.

Event Mobile World Congress 2013 di Barcelona yang saat ini tengah berlangsung dijadikan ajang unjuk gigi beberapa OS baru. Selain Tizen, ada juga sejumlah OS baru lainnya, seperti Firefox, Ubuntu, dan Jolla’s Sailfish.

Walaupun semuanya menyatakan tekadnya untuk mengganggu dominasi Android dan iOS, namun Tizen patut mendapat perhatian khusus karena dianggap paling siap menantang eksistensi Android dan iOS.

Wajar saja jika banyak analis yang memberi perhatian khusus kepada Tizen. Sebab OS ini dikembangkan oleh Samsung yang bekerja sama dengan Intel untuk nantinya dijalankan pada perangkat smartphone Samsung yang saat ini bersama Android menguasai pasar ponsel global.

Smartphone Tizen yang disiapkan Samsung digadang-gadang akan lebih powerfull. Smartphone tersebut akan hadir pertama kali bagi pengguna operator selular Orange milik France Telecom. Orange sudah menjalin kesepakatan untuk mulai memasarkan smartphone Tizen di kuartal III tahun ini.

Orange kelihatannya sangat ‘pede’ ponsel pintar Tizen akan bisa mendulang sukses seperti Android. Operator ini bahkan telah mempersiapkan kurang lebih 10 engineer yang ditugaskan untuk mengkustomisasi ponsel Tizen yang memang hadir secara khusus bagi pelanggan mereka.

Orange tidak sendiri sebagai operator yang menyatakan minatnya pada Tizen. Sebab di Jepang, operator DoCoMo juga menyatakan tertarik mengusung ponsel pintar Tizen. Operator selular asal Jepang itu dikabarkan siap memasarkan ponsel pintar berbasis Tizen pada akhir tahun 2013.

Tizen nantinya tidak hanya digunakan ponsel buatan Samsung, karena beberapa vendor ponsel lainnya juga akan membuat ponsel berbasis Tizen. Pabrikan ponsel asal China, Huawei disebut-sebut akan ikut membuat ponsel dengan platform Tizen.

Namun hingga saat ini masih belum jelas prosesor jenis apa yang akan dibuat oleh Intel untuk mempersenjatai ponsel Tizen yang bakal diproduksi Samsung dan Huawei. Demikian yang dikutip telsetNews dari Mashable, Kamis (28/2).

Melihat keseriusan Samsung dalam mengembangkan sistem operasi mereka, maka sudah saatnya Android dan iOS harus lebih waspada, kalau tidak ingin pasar yang mereka kuasai saat ini akan tergerus ‘kuda hitam’, Tizen.[hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0