Tinggalkan Kartu Kredit, Bayar di Amazon Cukup “Pindai Telapak Tangan”

Sistem Pembayaran Amazon

Telset.id, Jakarta Amazon dilaporkan sedang menggarap sistem pembayaran baru. Sistem pembayaran tersebut berupa sistem pindai telapak tangan yang segera dihadirkan guna meningkatkan budaya pembayaran cashless dan mengurangi pemakaian uang tunai maupun kartu kredit.

Sistem pindai telapak tangan Amazon ini sedang dilakukan uji coba. Nantinya, teknologi tersebut dapat mengidentifikasi tangan setiap orang untuk melakukan pembayaran pembelian di toko.

Yang canggih, teknologi ini tidak mengharuskan pengguna menyentuh permukaan alat pemindai tangan.

{Baca juga: Duitnya Berlimpah, Orang Terkaya Dunia Ketahuan Malas Ganti Celana}

Tidak sepeti di smartphone, alat pemindai ini memanfaatkan citra dan kedalaman geometri untuk mendeteksi tangan pembeli dengan akun Amazon Prime, lalu membebankan biayanya ke kartu kredit pengguna.

Seperti dikutip Telset.id dari CNET, Kamis (05/09/2019), sistem pemindai ini punya akurasi mencapai seperseribu dari satu persen. Akan tetapi, Amazon tetap akan meningkatkan kemampuan akurasinya mencapai sepersejuta dari satu persen.

Raksasa e-commerce itu berharap, bisa mengimplementasikan alat pemindai buatannya di supermarket Whole Foods pada awal tahun depan.

{Baca juga: Mau Tahu Merek Paling Bernilai Sedunia 2019? Ini Daftarnya}

Upaya kali ini bukanlah yang pertama dilakukan oleh perusahaan besutan Jeff Bezos itu. Perusahaan sudah meluncurkan Amazon Go, rantai toko serba ada yang mewajibkan pelanggan melakukan pemindaian smartphone di pintu masuk toko.

Diperkenalkan pada 2016, Amazon Go memungkinkan pelanggan mengambil apa pun yang diinginkan. Namun, pemerintah negara bagian mengeluarkan larangan operasional toko tanpa uang tunai.

Alasannya, praktik tersebut mendiskriminasi pelanggan berpenghasilan rendah atau lebih muda yang tidak memiliki rekening bank, kartu kredit, atau smartphone. Amazon pun mulai menerima uang tunai di Amazon Go. (SN/FHP)

Sumber: CNET

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here