TIK akan Menjadi Industri Andalan Masa Depan

Jakarta – Ditengah kondisi industri kreatif yang saat ini sedang ‘mati suri’, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Indonesia ICT Award (INAICTA). Perhelalatan yang digelar untuk keenam kalinya ini bertujuan mencari bibit-bibit pengembang aplikasi yang  kreatif dan potensial, yang diharapkan mampu mendorong perkembangan produk-produk teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di tanah air.

Sebagai negara berkembang, Indonesia tak bisa melepaskan diri dari kebutuhan akan TIK, yang saat ini sudah menjadi salah satu keunggulan dalam bersaing bagi suatu negara. TIK akan menjadi andalan masa depan yang tidak akan habis untuk dikembangkan, kata Ketua Tim Pelaksana INAICTA 2012, A Haryawirasma dalam acar pembukaan INAICTA 2012, di Jakarta, Selasa (10/4).

Haryawirasma berharap, melalui ajang ini akan mempertemukan pengembang dan perusahaan lokal yang nantinya bisa menelurkan sebuah produk yang baik secara kualitas maupun kuantitas.

Menurutnya, respon masyarakat pada acara ini cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar pada tahun 2011 lalu yang mencapai 1910 pendaftar. Dari jumlah tersebut disaring menjadi sekitar 905 karya masuk ke meja dewan juri.

“Tahun ini kami berharap jumlah pesertanya akan meningkat 50 persen dibanding jumlah peserta maupun hasil karya yang ikut berlomba dalam ajang INAICTA tahun lalu,” ujarnya berharap.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Ashwin Sasongko menambahkan, INAICTA merupakan ajang adu kreativitas serta inovasi bidang TIK terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah berharap acara ini bisa mendorong berkembangnya produk-produk TIK lokal.

“Pemerintah sangat berharap melalui INAICTA 2012 nantinya akan menghasilkan pemenang yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan para pengembang lokal bisa berbicara lebih banyak di pasar internasional,” tukas Ashwin Sasongko.[hbs]

Previous article2014, Telepon Umum di New York Gunakan Layar Sentuh
Next articleiPhone 5 akan Gunakan Prosesor A5X?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here