telset

Tiga Raksasa Teknologi Absen dari Ajang CES

Consumer Electronics Show (CES)
Consumer Electronics Show (CES)

Jakarta – Ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013 terancam kurang semarak, karena absennya beberapa perusahaan reksasa teknologi dunia.

Setelah sebelumnya Motorola, HTC, RIM dan Nokia menyatakan absen diperhalatan CES tahun ini, maka kini Apple, Amazon dan Google juga menyusul bisa hadir di acara pameran elektronik terbesar di dunia itu.

Microsoft juga dipastikan tidak ikut, karena memang raksasa Internet tersebut sebelumnya telah menyatakan bahkwa tahun 2012 adalah merupakan tahun terakhir keikursertaan mereka di ajang tersesbut.

Walaupun akan ditinggalkan oleh para raksasa tadi, namun CES tahun ini masih diramaikan beberapa perusahaan papan atas, seperti misalnya Samsung, Sony dan LG.

Namun harus diakui, absennya beberapa perusahaan tadi telah sedikit menurunkan pamor acar yang akan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat itu.

“Perusahaan yang menggerakkan ekosistem teknologi, Google, Amazon dan Microsoft tidak ada di ajang ini. Mereka lebih memilih menggelar event sendiri,” kata Ross Rubin, analis di Recticle Research, seperti dikutip dari Cnet, Senin (7/1).

“CES secara perlahan kehilangan relevansinya di saat perubahan di industri terus berlangsung. Pameran yang lebih kecil seperti Mobile World Congress (MWC) mulai berkibar,” kata Patrick Moorhead, Principal Analyst di Moor Insights & Strategy.

Seperti diketahui, walaupun secara penyelenggaraan MWC lebih kecil, namun perhelatan yang berlangsung di Barcelona itu mulai naik pamornya dan mulai dimafaatkan vendor dunia untuk memperkenalkan produk barunya.

Memang masih banyak perusahaan teknologi yang percaya akan daya tarik CES, sebagai ajang pamer bagi produk-produk baru mereka. Contohnya Sony dan Samsung yang masih setia ikut CES.

“Kami masih sangat yakin terhadap kekuatan CES dan berkumpulnya semua orang industri di satu tempat sebagai debut produk dan layanan baru,” kata Rob Manfredo, pejabat Sony.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0