Tiga Operator Besar ’œKompak’ Dukung KTT ASEAN

Jakarta – Tak hanya panitia Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-19 di Nusa Dua, Bali, yang dibikin sibuk, para operator telekomunikasi pun terlihat ikut sibuk membenahi jaringannya di sekitar lokasi acara yang juga akan dihadiri Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama itu.

Walaupun selama ini sering sikut-sikutan dalam bersaing memperebutkan pelanggan, namun kali ini tiga operator besar tanah air, Telkomsel, Indosat, dan XL terlihat akur™ menjaga sarana telekomunikasinya di kawasan Nusa Dua, Bali, yang merupakan tempat berlangsungnya KTT ASEAN.

Telkomsel telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan di kawasan Nusa Dua Bali dengan menggelar 30 Base Transceiver Station (BTS) tambahan dan dua compact mobile base transceiver (combat), serta menyediakan layanan akses internet nirkabel (Wi-Fi) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang menjadi lokasi utama penyelenggaraan KTT, serta 18 hotel di wilayah Nusa Dua yang menjadi tempat peristirahatan para delegasi negara peserta.

Pihak Telkomsel juga mengatakan telah meng-upgrade kapasitas dari repeater menjadi BTS 2G dan 3G. Kualitas layanan komunikasi dari Bandara Ngurah Rai hingga Istana Tampak Siring juga terjamin berkat dukungan 14 BTS di sepanjang jalur tersebut.

Selain Telkomsel, operator lainnya yang secara serius mempersiapkan jaringannya di lokasi acara adalah Indosat. Operator nomor terbesar di Indonesia ini secara resmi ditunjuk menjadi mitra telekomunikasi resmi (Official Global Network Partner) dalam ajang KTT ASEAN ini.

Menggunakan teknologi Fiber Optic, Indosat mendukung berbagai kebutuhan telekomunikasi internasional terintegrasi yang meliputi pemasangan mobile dan indoor BTS untuk kebutuhan layanan telekomunikasi seluler serta layanan uplink satellite services yang digunakan untuk menyiarkan kegiatan KTT ASEAN ke stasiun televisi (broadcasting) di dalam dan luar negeri.

Indosat juga menyiapkan fasilitas koneksi jaringan untuk pengiriman live video antara Westin Hotel dan BNDCC, serta layanan internet untuk US TVPool di Seminyak. Untuk membantu para broadcaster dan media, Indosat menyediakan live standup position, yaitu  lokasi tempat para broadcaster melakukan pengambilan gambar, dengan melakukan proses up link ke satelit secara langsung dari live standup position tersebut.

Operator ketiga yang juga terlihat sibuk dalam ajang ini adalah XL Axiata. Operator yang di nakhodai Hasnul Suhaimi ini mengungkapkan, telah melakukan beberapa penambahan BTS 3G dan meningkatkan layanan seluler mulai dari Bandara Ngurah Rai sampai Nusa Dua, juga di Denpasar.

Pihak XL dalam keterangan tertulisanya menyebutkan, sejumlah site XL di daerah Bandara Ngurah Rai sampai Nusa Dua sudah menggunakan second carrier, yaitu dua 3G per BTS. XL juga sudah melakukan penambahan 5 BTS berkapasitas 2G dan 3G di sekitar kawasan tersebut. Saat ini di kawasan Kuta, Denpasar  dan sekitarnya XL telah menambah beberapa BTS dan di antaranya sudah menggunakan jaringan 3G. [hbs]{jcomments on}

 

Previous articleHTC Zeta, Ponsel Tercepat Sejagat
Next articleHP Luncurkan Wireless Audio untuk PC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here