Terus Merugi, Bos Sharp Dicopot

Jakarta – Perusahaan elektronik raksasa, Sharp baru saja mengangkat Takashi Okuda sebagai presiden direktur terbarunyam menggantikan pejabat lama, Mikio Katayama. Okuda sebelumnya merupakan Chief Operate Global di Sharp.

Disebutkan penggantian ini dilakukan sebagai buntut dari masalah kerugian yang terus dialami perusahaan, khususnya untuk penjualan perangkat TV buatan perusahaan elektronik asal Jepang tersebut.

Seperti diketahui, Sharp yang selama ini dikenal sebagai perusahaan pembuat layar kristal cair terbesar itu menderita kerugian hingga USD 3.5 miliar. Dengan manajemen baru ini, Sharp berharap bisa keluar dari masalah kerugian tersebut.

Hasil positif dari pergantian pucuk pimpinan di tubuh manajamen Sharp ini dapat langsung sedikit terlihat dengan naiknya saham Sharp hingga mencapai 4 persen di bursa efek Jepang.

Namun menurut General Manager dan Analisis Kazaka Effect, Yoshihiko Tabei,  pergantian manajemen Sharp itu tidaklah menjamin kesuksesan singkat. “Hanya karena Anda beralih presiden tidaklah langsung mengubah salah satu masalah yang mendasar,” ujar Yoshihiko kepada Reuters dan dikutip Telsetnews, Rabu (14/3).

Selain mengganti manajemen, Sharp juga bahkan dengan berat hati meminta para pekerjanya untuk menahan kenaikan gaji yang direncanakan pada tahun ini.

Persaingan di industri elektronik memang semakin tajam. Sony dan Panasonic, juga mengalami kerugian total sampai USD 17 miliar. Dampaknya kedua perusahaan besar itupun merombak manajemennya.

Canon Inc juga mengambil langkah yang sama, setelah pada Januari lalu mengumumkan perusahaannya telah menderita kerugian. Akibatnya, presiden direkturnya pun dicopot dari posisinya.

Hanya Samsung yang mengalami nasib sedikit lebih baik, dimana perusahaan elektronik yang berbasis di Korea Selatan itu berhasil mengeruk keuntungan dan memukul telak para pesaingnya.[tsn/hbs]

 

Previous articleMicrosoft Buat Teknologi Layar Sentuh dengan Kecepatan 1 milidetik
Next articleFireFox 11 Sudah Siap Diunduh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here