Ternyata, Miitomo Banyak Diunduh karena Pengguna ‘Kecele’

Telset.id, Jakarta – Game Miitomo mencatat sukses besar saat memulai debutnya. Game mobile pertama Nintendo ini diunduh 10 juta kali di seluruh dunia hanya dalam waktu 1,5 bulan setelah resmi dirilis. Sayangnya kesuksesan itu tidak berlangsung lama, karena game Miitomo kini malah layu sebelum berkembang karena banyak ditinggalkan penggunanya.

Miitomo, awalnya hanya tersedia secara eksklusif untuk para pengguna di Jepang selama 2 minggu, baru kemudian dirilis secara global untuk pengguna Android dan iOS di seluruh dunia pada 31 Maret 2016. Hebatnya, kepopuleran Miitomo bahkan mengalahkan Snapchat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di Apple App Store selama sepekan pertama dirilis.

Kepopuleran Miitomo bahkan sempat disetarakan dengan game-game populer legendaris, seperti Candy Crush Saga, Angry Birds, dan Clash of Clans. Tapi ternyata kepopuleran Miitomo tidak berlangsung lama, semakin banyak pengguna Miitomo yang berhenti menggunakan aplikasi tersebut game buatan Nintendo itu.

[Baca juga: Baru Sebulan Rilis Nintendo Miitomo Gusur Snapchat]

Yang menarik, dari data yang dikeluarkan SurveyMonkey Intelligence terungkap bahwa Miitomo hanya digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu rata-rata sekitar dua kali seminggu.

Berdasarkan hasil analisa SurveyMonkey Intelligence, bahwa kelihatannya sebagian besar pengguna mengunduh Miitomo karena “kecele” (ketipu). Maksudnya, banyak pengguna yang hanya melihat nama Nintendo sebagai pembuat game, tanpa tahu lebih dulu aplikasi apa yang mereka unduh.

Banyak pengguna yang mengira Miitomo adalah seperti game-game buatan Nintendo sebelumnya. Tapi ternyata Miitomo lebih mirip seperti ruang chat yang menggunakan avatar untuk chatting dengan orang lain. Alhasil, setelah mengetahui Miitomo seperti apa, para pengguna pun akhirnya banyak yang memutuskan untuk meninggalkan game tersebut.

Sebagai informasi, daya tarik terbesar aplikasi ini adalah pada fitur MiiFoto, yakni mode game yang memungkinkan Anda memanipulasi avatar Mii dan memindahkannya ke sebuah foto biasa. Singkatnya game ini bisa dibilang seperti sosial media.

[Baca juga: Nintendo Garap Game Mobile di Smartphone]

Nintendo sendiri masih memiliki game mobile lainnya yang siap dirilis, yak Pokemon Go. Game ini pun memiliki ekspektasi yang sangat besar dapat meraih sukses, Game ini kabarnya akan mengadopsi model bisnis mirip free-to-play.

Namun masih belum dapat dipastikan Pokemon Go akan benar-benar bisa meraih sukses seperti yang diharapkan. Apakah game ini akan sukses, atau nasibnya akan sama seperti Miitomo yang layu sebelum berkembang? Waktu yang akan membuktikannya. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI