Terinspirasi Sang Ibu, Pemuda Ini Ciptakan Bra “Anti” Kanker

Telset.id, Jakarta – Seorang pemuda berumur 18 tahun asal Meksiko bernama Julian Rios Cantu bersama ketiga temannya berhasil mengembangkan bra yang mampu mendeteksi dini kanker payudara.

Alat bernama Eva Bra tersebut terinspirasi dari sang ibu yang harus berjuang melawan kanker payudara saat Julian berumur 13 tahun meski akhirnya Julian harus rela ditinggalkan sang ibu untuk selamanya.

Dilansir Tim Telset.id dari Wittyfeed, Julian bersama temannya membangun sebuah perusahaan bernama Higia Technologies untuk mengembangan Eva Bra. Bra tersebut terdiri dari 200 biosensors yang mampu mendeteksi perubahan yang mengkhawatirkan pada payudara si pemakainya.

[Baca Juga: Berkat Siri, Anak 4 Tahun Ini Berhasil Selamatkan Sang Ibu]

Nantinya hasil deteksi tersebut akan dikirimkan pada aplikasi khusus yang ter-install pada smartphone pengguna. Tak hanya deteksi kanker saja, pengguna pun bisa mendapatkan informasi suhu, bentuk serta berat dari payudara penggunanya.

[Baca Juga: Teknologi Ultrasonic akan Gantikan Sistem Pengering Jadul]

Meski masih prototype, Eva Bra mampu meraih penghargaan Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) di Frankfurt, Jerman pada akhir April lalu. Menurut Julian, perusahaan yang dibentuknya hanya memiliki satu tujuan utama yakni meningkatkan kualitas hidup seorang wanita dengan alat pendeteksi dini dari kanker payudara. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here