telset

Terbantu Layanan Data, XL Raup Laba Rp 2,2 Triliun

Jakarta – PT XL Axiata Tbk. (XL) telah melaporkan hasil audit pencapaian kinerja keuangannya selama kuartal ketiga 2012. Anak usaha Axiata Group Berhad asalMalaysiaini mencatat laba bersih Rp 2,2 triliun selama kuartal ketiga 2012.

Pendapatan perusahaan mengalami pertumbuhan sebesar 14% YoY (year-on-year) menjadi Rp16 triliun. Sementara laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) meningkat 6% YoY menjadi Rp.7,4 triliun, dengan margin 47% dan laba bersih Rp2,2 triliun selama kuartal ketiga 2012.

Semakin masifnya penggunaan layanan data juga membawa berkah bagi XL. Sebab layanan Data memberikan kontribusi pendapatan paling besar bagi XL, yakni sebesar 60%, disusul layanan SMS 21% serta layanan Voice 7% YoY.

”Semakin tingginya minat masyarakat menggunakan layanan Data mendorong tetap tumbuhnya pendapatan serta traffic layanan Data, sehingga pelanggan Data juga turut mengalami peningkatan,” kata Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (31/10).

Ia mengungkapkan, peningkatan jumlah pelanggan Data XL mencapai 25 juta atau 60% dari total pelanggan XL. Kontribusi layanan Data juga mengalami peningkatan dari 14% di tahun lalu menjadi 19% di tahun ini.

Pencapaian ini, menurut Hasnul, mendorong XL terus tetap fokus mengembangkan layanan Data. Hal ini dibuktikan dengan membangun lebih dari 10.000 Node B di seluruh Indonesia.

“Sangat penting selaku operator untuk dapat membangun jaringan data yang baik secara end to end, agar dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan Data,” tukas Hasnul.

Selama kuartal ketiga 2012, XL telah membelanjakan Rp 7,2 triliun untuk investasi dengan menggunakan dana internal. Di kuartal ketiga ini juga XL mendapatkan pinjaman baru dari BCA, BTMU serta Mandiri sebesar total Rp.6,5 triliun.

XL juga melakukan pembayaran hutang sebesar Rp.2,7 triliun, sehingga total hutang yang dimiliki XL meningkat menjadi Rp.14,6 triliun dari Rp 9,3 triliun tahun lalu.[hbs]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0